Pastikan Kamu Minum dengan Es Batu Layak Konsumsi, Yuk Simak!

Es Batu

Banyak di antara kita kalau mengonsumsi sesuatu ya asal dikonsumsi aja. Tapi nggak tau bahaya apa yang mengintai di belakangnya. Salah satunya dampak dari terlalu sering mengkonsumsi es batu dan apakah es batu tersebut layak atau tidak untuk dikonsumsi. Begini ceritanya….

Es Batu Layak Konsumsi

Es batu jenis ini biasanya terlihat bening seperti Kristal. Hal ini dikarenakan gas yan terdapat dalam air menjadi bahan satu satunya dari es batu tersebut telah terlepas dari proses perebusan. Namun bukan jaminan juga kalau es batu yang bening itu tandanya sudah direbus dan layak untuk kamu konsumsi. Karena masih perlu pensterilan kotoran-kotoran dalam air tersebut.

Es Batu Tidak layak Konsumsi

Jika kamu minum es yang ada putih-putihnya ditengah es tersebut, kemungkinan besar es tersebut tercipta dari air yang belum dimasak atau air mentah. Karena gas yang berada dalam air yang menjadi bahan es batu tersebut belum dilepas oleh proses perebusan. Hal ini membuat gas tersebut terjebak di dalam es batu dan menimbulkan warna putih seperti salju.

Bakteri dalam es batu yang tidak layak konsumsi

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menyatakan kalau bakteri yang terkandung di dalam es batu yang tidak layak konsumsi itu lebih banyak dari bakteri yang ada di toilet. Seperti dikutip dari Daily Mail, hal tersebut terjadi karena tempat mereka membuat es tersebut tidak pernah dibersihkan dan kurangnya kesadaran dari para pembuatnya untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hiyyyy, ngeri, yah.

Bakteri yang dibawa oleh es batu tidak layak konsumsi

Seperti yang dilansir oleh halosehat.com, bakteri yang terdapat dalam es batu yang tidak layak konsumsi adalah bakteri-bakteri yang mampu menyebabkan peminumnya menderita penyakit berbahaya, seperti salah satunya bakteri E-Coli. Bakteri ini dapat menyebabkan peminumnya menderita keracunan atau penyakit muntaber. Selain itu, bisa juga merusak ginjal dan dinding usus anak-anak usia dini yang tentunya masih sangat lemah. Jangan sampai kamu jadi korbannya ya, guys!

Tuh, kan sekarang kamu jadi mengerti kenapa sering banget sakit perut padahal nggak makan sambel? Coba cek apakah yang kamu konsumsi itu udah higienis atau belum. Jajan boleh, tapi tetap harus memikirkan kesehatan, ya.