Menjadi Dewasa dari Segi Emosional

menjadi dewasa dan bijaksana

Dewasa adalah sebuah sifat yang memang akan hadir seiring bertambahnya usia. Namun, tak jarang juga ada seseorang yang sudah dalam usia matang, namun belum memiliki sifat kedewasaannya.

Sebenarnya, untuk sifat dewasa sendiri tidak perlu dicari. Sebab, sifat ini sering datang dengan sendirinya dari bertambahnya usia, pengalaman, serta memiliki lingungan yang mendewasakan.

Lalu apakah kita bisa menilai seseorang telah dewasa? Apakah kita bisa menjadi lebih dewasa juga?

Tentunya bisa. Setiap manusia selalu memiliki pilihan untuk menjadi dewasa. Baik secara sikap, ataupun emosional nya masing-masing.

Dan untuk itu, kamu bisa menjadi dewasa, dan mengetahui seseorang sudah dewasa dari segi emosional nya, seperti

 

1. Tidak Mempublikasikan Masalahnya

Alih-alih merasa kesal dan emosi pada suatu hal, kebanyakan orang akan mempublikasikan masalah mereka ke sosial media mereka. Baik melalui status whatsapp, stories instagram, atau bahkan yang lainnya.

Namun, mereka yang sudah dewasa dari segi emosinal, akan lebih menyimpan masalahnya, dan juga mencari jalan keluar dari masalah mereka sendiri. Bukan justru mempublikasikannya.

 

2. Tidak Membesarkan Masalah Kecil

Walaupun mungkin masalah mu sangat membekas, ada baiknya kamu tidak perlu membesarkan sebuah masalah yang sebenarnya mudah untuk diselesaikan.

Mereka yang memiliki kedewasaan dari segi emosionalnya, tentu akan lebih mudah mengambil jalan keluar dari masalah kecil yang dihadapinya.

 

3. Lebih Banyak Mendengar daripada Berbicara

Mereka yang memiliki kedewasaan pada segi emosionalnya, cenderung akan lebih banyak mendengarkan. Baik itu ketika ada seseorang yang bercerita, ataupun ketika mengalami masalah nya sendiri.

Hal ini berguna ketika seseorang meminta saran, untuk mendapatkan jalan keluar dari masalah mereka.

 

4. Mudah Memaafkan

Selain menunjukkan sifat kedewasaan seseorang, mudah memaafkan juga menunjukkan bahwa kamu memiliki kelapangan hati dalam menyelesaikan masalah. Sekalipun kesalahan yang dibuat adalah kesalahan yang besar, mereka yang memiliki kedewasaan dalam emosional nya, akan tetap memaafkanmu.

 

5. Tidak Berkata Kasar Ketika Emosi

Mungkin ketika menghadapi masalah, kita tidak bisa mengontrol emosinya, dan akhirnya justru berkata kasar.

Namun, berkata kasar bukanlah tipe dari mereka yang sudah dewasa dari segi emosional. Mereka akan lebih tenang, dan juga memikirkan akar masalah nya, dan mencari jalan keluar yang baik dari pihak sendiri, ataupun pihak lain.

 

Itu dia beberapa tanda bahwa kamu sudah dewasa dalam segi emosionalmu. Jika kamu belum merasa cukup dewasa, cobalah untuk menerapkan beberapa sifat diatas.