Tips Terhindar dari Hoax di Era Digital

terhindar dari hoax

Hoax atau berita palsu, adalah salah satu hal yang sering kali masuk kedalam masyarakat, melalui sebuah sosial media yang kita gunakan saat ini.

Adapun peran sosial media sering kali digunakan sebagai sarana untuk membagikan sebuah foto, video, atau bahkan sebuah artikel yang dibagikan pengguna lainnya.

Berita yang dibagikan oleh pengguna sosial media sendiri, biasanya berasal dari sebuah situs media besar, ataupun pengguna sosial media itu sendiri.

Sebab itu, kamu bisa menerapkan beberapa kiat sederhana untuk terhindar dari berita hoax, terlebih di era digital seperti saat ini.

 

Jangan Mudah Percaya

Jika kalian menemukan sebuah berita yang mungkin banyak dibagikan dan juga menuai kontroversi, ada baiknya kamu tidak terlalu cepat mempercayai berita tersebut. Cari terlebih dahulu ke-aslian dari berita yang dibagikan.

Baik dengan membaca komentar pada artikel yang dibagikan, ataupun komentar pada platform sosial media.

Jangan juga terpaku dengan jumlah share dari posting yang dibagikan. Mungkin, sebagian akan berfikir jika berita yang banyak dibagikan adalah berita yang valid, namun ini bukan menjadi suatu acuan.

 

Cari Lebih Dalam Mengenai Berita yang Dibagikan

Selain tidak cepat percaya, kamu juga bisa mencari tahu tentang berita tersebut. Baik dengan melihat sumber dari media yang menulis berita tersebut, atau mencari ulang berita yang dibagikan melalui situs lain.

Sebab, jika kamu terlalu cepat dan tidak mencari informasi lanjut mengenai berita yang dibagikan, kamu bisa saja akan termakan dalam sebuah berita hoax yang tersebar luas.

 

Jangan Ikut Menyebarkan

Meskipun berita tersebut sedang ramai dibicarakan, kamu tidak bisa sembarangan ikut membagikan berita tersebut sebelum mencari kebenarnnya.

Mengapa kamu tidak boleh ikut membagikannya? Sebab jika kamu melakukan itu, kamu bukan malah memutus rantai hoax yang ada. Melainkan terus membuat circle baru (berita hoax) dalam sebuah sosial media.

Hal ini juga pastinya akan menimbulkan kubu kubu yang setuju, dan tidak setuju. Dan bahkan yang lebih buruk lagi, bisa terjadi ujaran kebencian dimana-mana.

 

Kesimpulan

Menjadi lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan sosial media dan membagikan suatu peristiwa, bisa menjadi sebuah langkah awal untuk memutus berita hoax, dan terhindar dari sebuah berita hoax yang beredar.