Tips Memilih Laptop untuk Seorang Video Editor

laptop untuk video editor

Video Editor adalah sebuah profesi dari seseorang, yang memiliki jobdesk untuk melakukan Editing pada sebuah video.

Baik untuk kebutuhan dokumentasi pribadi, pekerjaan, atau bahkan platform youtube, seorang video editor tentunya harus memiliki perangkat yang mendukung, seperti komputer, ataupun laptop.

Namun, semakin berkembangnya teknologi, kini sudah banyak video editor yang memilih untuk melakukan proses editing dengan menggunakan laptop.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk seorang video editor dalam membeli laptop?

 

1. Kapasitas Memori / RAM

RAM sendiri memiliki fungsi untuk membatu suatu operating system dalam menjalankan aktifitas multi-tasking pada laptop.

Biasanya, para video editor akan memilih laptop dengan kapastias RAM paling minimum 8GB, dan dengan maksimal kapasitas yang bervariatif.

 

2. Processor

Processor adalah otak dari Komputer itu sendiri. Seorang Video Editor akan lebih memilih laptop dengan processor yang up to date, dan juga memang direkomendasikan untuk seorang video editor.

Biasanya, seorang Video Editor akan memilih laptop dengan Processor i5 – i9, sebenarnya tergantung kebutuhan saja. Dan kamu juga bisa bertanya kepada pihak toko komputer atau laptop, untuk mendapatkan rekomendasi yang disarankan.

 

3. Hard Disk / SSD

Selain berguna sebagai media penyimpanan, hard disk juga berguna untuk menyimpan Operating System pada laptop.

Namun, biasanya para video editor lebih akan menggunakan SSD. Karena, SSD sendiri merupakan kepanjangan dari Solid State Drive, yang dikatakan memiliki kecepatan membaca, dan transfer data yang lebih cepat daripada Hard Disk 3.0

 

4. VGA

VGA atau Video Graphic Adapter, adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh para video editor.

Alih-alih untuk mendapatkan kelancaran ketika melakukan prosess editing, VGA bisa membantu dalam memberikan graphic yang lebih baik.

Biasanya, para Editor akan memilih VGA dengan kapasitas minimum 4GB, dan maksimum yang tidak terhingga. Semua, pasti di sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa faktor penting diatas, kamu juga bisa menyesuaikan budget mu untuk membeli keperluan daripada komputer atau laptop yang nantinya akan kamu gunakan untuk melakukan prosess editing video. Semoga, beberapa acuan diatas bisa menjadi referensi yang baik untukmu, ya.