Tips Menjaga Fingerprint Sensor tetap Aman

mengatasi fingerprint sensor bermasalah

Fingerprint adalah salah satu fitur terbaru yang saat ini sudah banyak di temui di beberapa perangkat ponsel pintar. Adapun fungsi dari fingerprint adalah untuk mengidentifikasi sidik jari seseorang untuk dapat masuk kedalam system, ataupun melakukan unlocking.

Tenologi yang satu ini juga sering kali digunakan untuk melakukan absensi atau pengenalan identitas melalui sidik jari seseorang. Hal ini tentunya berguna untuk menjaga sebuah privasi, ataupun hal hal penting yang memang dirahasiakan dan tidak bisa dimanipulasi.

Untuk smartphone sendiri, kamu juga bisa menggunakan fingerprint dengan melakukan scanning atau mendaftarkan sidik jari kalian ke sensor fingerprint itu sendiri. Bahkan, kamu bisa menggunakan banyak sekali jari untuk melakukan identifikasi sidik jari.

Nah, masalah yang sering terjadi dari teknologi ini adalah seringnya terjadi error, ketika ingin menggunakan fitur fingerprint. Seperti fingerprint tidak terdeteksi misalnya.

Adapun langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dalam menjaga sensor fingerprint tetap aman berupa

 

1. Jangan Scan Fingerprint dalam Kondisi Jari yang Basah

Bagi pengguna Android, mungkin kita sering kali melakukan unlock melalui fingerprint. Namun, terkadang kita lupa memperhatikan bahwa jari yang kita gunakan sebagai identitas, apakah sedang basah atau kering.

Hal ini tentunya membuat sensor fingerprint tidak bisa mendeteksi sidik jari kita. Dan hal buruk selanjutnya, mungkin saja sensor fingerprint akan ikut error dan tidak berfungsi dengan baik.

 

2. Jauhkan Sensor Fingerprint dari Air

Jika tadi kita mempermasalahkan jari, kali ini kita bicara soal Sensor Fingerprint itu sendiri.

Mungkin kita sering kali membawa smartphone kita ke kamar mandi. Baik untuk buang air, atau bahkan mandi. Secara tidak sadar, mungkin kita seenak nya saja menaruh ponsel pintar kita tanpa melihat terlebih dahulu, apakah ada air disekitarnya dan mengenai sensor fingerprint atau tidak.

Untuk itu, letakkan smartphone kalian ditempat yang aman, agar sensor fingerprint tetap berfungsi dengan baik.

 

3. Bersihkan Fingerprint

Selain mencegah, tentunya kalian juga harus merawat sensor fingerprint kalian.

Kamu bisa membersihkan sensor fingerprint dengan menggunakan lap micro-fiber, tissue, ataupun kain kering yang bersih. Hal ini berguna untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sensor fingerprint kalian.

 

4. Hindari Berminyak

Selain air, musuh dari para pengguna fingerprint adalah jari yang berminyak. Hal ini sangat berpengaruh pada sensor fingerprint tentunya. Sebab, ketika seseorang memiliki tangan yang berminyak dan harus menempelkan jarinya kepada sensor fingerprint, hal ini akan membuat sensor tertutup minyak, dan tidak mampu mengidentifikasi sidik jari kalian.

Untuk itu, pastikan jari kalian bebas dari kotoran seperti minyak, debu, dan kotoran.

 

Menjaga sensor fingerprint sendiri sebenarnya tidak terbilang sulit, dan tidak terlalu mudah juga untuk dilakukan. Menjaga fingerprint sensor untuk tetap bekerja dengan baik, bisa menjadi cara cepat untuk melakukan unlock pada perangkat android kalian.