Tips Menjaga Android agar Terhindar Dari Malware

menghindari malware android

Malware atau sering disebut sebagai sebuah virus yang mengganggu, adalah sejenis virus yang bisa menyerang perangkat komputer, laptop, ataupun Android.

Tentunya hal ini sangat menjadi sesuatu yang ditakutkan oleh pengguna Android terutama. Sebab, ketika Virus ini menyerang atau bersarang di Android kalian, ini akan berpengaruh kepada kinerja smartphone kalian.

Biasanya, virus malware pada android akan sering menimbulkan iklan pop-up ataupun merusak aplikasi di android kalian, sehingga tidak bisa berjalan dengan semestinya. Belum lagi masalah lain yang muncul akibat virus malware ini.

Untuk itu, kalian bisa melakukan pencegahan dini, baik untuk menghindari virus malware, ataupun menjaga perangkat android kalian dari hal hal yang tidak di inginkan

 

1. Jangan Install Aplikasi selain dari Play Store

Mungkin, kita sering kali mengunduh aplikasi android yang berasal dari pihak ketiga sepert Google ataupun yang lainnya.

Namun, ternyata hal ini harus benar benar di waspadai sepenuhnya. Sebab, terkadang tidak semua aplikasi yang dibagikan, bisa bebas dari virus yang mungkin saja mengikuti dibalik aplikasi yang kita install tersebut.

Ada baik nya, teman-teman hanya mengunduh aplikasi yang dibutuhkan lewat Play Store. Sebab, aplikasi yang ada didalam play store sudah melewati masa pengecekan secara mendalam oleh pihak penerbit aplikasi.

 

2. Gunakan Antivirus

Mungkin, kamu biasa menggunakan antivirus di komputer atau laptop kalian bukan?

Yap. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini sudah banyak pengguna android yang bisa menggunakan antivirus pada perangkat mereka.

Ini berguna sebagai pencegahan atas masuk nya virus virus yang mungkin masuk kedalam perangkat android kalian. Kamu bisa mendapatkan aplikasi antivirus ini secara gratis di play store.

 

3. Aktifkan Play Protect

Play Protect adalah sebuah fitur baru yang dikembangkan oleh pihak Google,( play store ) untuk mendeteksi ancaman dari sebuah aplikasi ataupun mendeteksi aplikasi yang mungkin mencurigakan.

Tidak hanya untuk mendeteksi aplikasi yang ada di Play Store saja. Play Protect juga bisa mendeteksi bahaya dan ancaman yang dihasilkan dari aplikasi yang kalian unduh dari pihak ketiga seperti Google dan yang lainnya.

 

4. Rajin Membersihkan File Sampah pada Android

Mungkin, hal ini sering kali terlewat oleh para pengguna Android. Namun, kamu bisa menggunakan Aplikasi Google Files untuk menghapus banyaknya file file sampah yang sebenarnya sudah tidak terpakai pada penyimpanan android kalian. Selain itu, dengan Google Files juga kamu bisa menghapus banyak nya cache, dan juga junk files yang ada didalam perangkatmu.

 

Dengan menggunakan beberapa cara diatas, kamu bisa lebih menjaga smartphone mu dari ancaman virus, atau bahkan menurun nya performa android kalian.