Ini Dia Waktu yang Ideal Untuk Tidur Setiap Harinya.
Author: Akhmad F

Ini Dia Waktu yang Ideal Untuk Tidur Setiap Harinya.

Breaktime.co.id - Tidur adalah aktivtas alamiah setiap individu, hampir sepertiga hidup kita dihabiskan untuk tidur. Dahulu, tidur dianggap sebagai waktu beristirahat tubuh setelah lelah beraktivitas. Namun, saat ini terdapat ilmu pengetahuan yang membuktikan bahwa tidur tidak hanya suatu untuk mengisi waktu seseorang dalam kondisi tidak aktif. Bahkan, tidur itu sendiri melibatkan banyak sekali aktivitas dan ternyata memiliki banyak pengaruh pada kesehatan.

Pola tidur yang teratur sangat baik untuk siklus bioritmik tubuh. Dengan ini, tubuh akan terbiasa dengan siklus yang tetap, sehingga dapat mengeluarkan hormon sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

Untuk mendapatkan pola tidur yang teratur rata-rata orang dewasa sebaiknya tidur selama tujuh atau delapan jam karena terdapat bukti medis yang mengatakan bahwa tidur delapan atau sembilan jam dapat membantu performa tubuh dan otak.

Namun kebutuhan dan kemampuan tidur seseorang merupakan dua hal yang berbeda, kemampuan tidur seseorang menurun seiring bertambahnya usia.

Jumlah waktu yag ideal untuk tidur adalah :
- Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari
- Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari
- Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari
- Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari
- Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari
- Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari
- Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari
- Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari
- Manula (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari

Mau tau serunya gabung bareng komunitas Breaktime? Buruan isi form ini