6 Tips Mudik Nyaman Dengan Kendaraan Umum | Breaktime
Yuk, Ciptakan Kenyamanan Mudik Walau Dengan Kendaraan Umum!
10.07.2015

Tak terasa sebentar lagi sudah Lebaran nih, B’timers. Anda pasti sudah merencanakan tanggal keberangkatan serta alat transportasi yang akan digunakan. Untuk pemudik yang memakai mobil pribadi, tentu perjalanan bisa lebih nyaman karena tak perlu ‘berbagi’ tempat dengan orang lain. Tapi bagaimana dengan Anda yang mudik menggunakan kendaraan umum?

Tenang saja, Breaktime bagikan kiat aman dan nyaman mudik dengan kendaraan umum berikut ini:

Persiapkan tiket jauh-jauh hari

Hindari memesan tiket kendaraan dalam waktu mepet
Hindari memesan tiket kendaraan dalam waktu mepet

Baik tiket kereta api ataupun pesawat, bisa Anda pesan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini tentu memberikan keuntungan lebih untuk Anda, karena tak perlu takut kehabisan tiket.

Waspada dalam menyimpan uang

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu mudik seperti pencopetan, hindari menyimpan uang di 1 tempat. Sebaiknya, pisahkan uang menjadi beberapa bagian dengan nominal yang tidak terlalu besar, lalu simpan di beberapa tempat seperti kantong baju atau saku tas.

Bawa bekal sendiri

Saat naik kendaraan umum, tak menutup kemungkinan waktu perjalanan jadi lebih panjang karena macet atau faktor lainnya. Dengan membawa bekal sendiri, Anda pun tak perlu membeli makanan yang tentu saja membutuhkan dana tambahan.

Bawa obat-obatan pribadi

Usahakan agar tetap fit dan bugar saat perjalanan
Usahakan agar tetap fit dan bugar saat perjalanan

Chryshnanda, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Jakarta Selatan, mengimbau agar para pemudik selalu menjaga kondisi kesehatan saat perjalanan. Untuk mengantisipasi serangan penyakit mendadak, bawalah beberapa obat-obatan.

Berpakaian sewajarnya

Untuk menghindarkan Anda dari bahaya pemerkosaan dan penjambretan di perjalanan, usahakan untuk berpakaian sewajarnya. Hindari mengenakan pakaian terbuka dan memakai banyak perhiasan. Lebih baik gunakan baju yang nyaman dan memberikan ruang gerak bebas selama berada di kendaraan umum.

Catat nomor kendaraan

Catat nomor kendaraan di smartphone atau buku
Catat nomor kendaraan di smartphone atau buku

Sebelum menaiki bus, catat nomor kendaraan di smartphone atau buku untuk berjaga-jaga bila ada barang yang tertinggal. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah melaporkan nomor kendaraan pada pihak berwajib.

Nah B’timers, itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan saat mudik Lebaran ini. Last but not the least, jangan lupa untuk selalu berdoa agar perjalanan lancar sampai tujuan tanpa ada halangan yang berarti!

Share This Article