Yang Perlu Dibawa saat Wisata Diving ke Bali | Breaktime
Yang Perlu Dibawa saat Wisata Diving ke Bali
27.09.2017

Bicara soal pariwisata Bali tentu tak terlepas dari keindahan panorama alamnya yang menakjubkan. Pantai tropis dan aneka kuliner eksotis menjadi beberapa daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berlibur ke Bali. Selain perairan tenang di lautan Bali serta suasana pedesaan dan pemandangan pantai yang tiada duanya, Bali juga menyimpan eksotisme alam lewat ekosistem bawah laut yang menanti untuk Anda jelajahi. Para penyelam pemula maupun profesional dari seluruh dunia selalu menjadikan Bali sebagai destinasi wisata diving favorit untuk mendapatkan pengalaman menyelam yang tak terlupakan.

Sebagai destinasi wisata impian bagi para penyelam lokal maupun dunia, Bali memiliki sejuta pesona bawah laut yang tak dapat Anda temukan di manapun. Mulai dari taman koral bawah laut,  ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari di laut dangkal, ikan pari sebesar mobil, hingga reruntuhan kapal perang peninggalan Perang Dunia II merupakan sebagian kecil dari sekian banyak pesona alam bawah laut yang dapat B’timers nikmati saat melakukan scubadiving di Bali. Sayangnya, perjalanan wisata scubadiving Anda di Bali bisa terhambat apabila perlengkapan menyelam Anda dibatasi oleh ketentuan berat maksimal bagasi saat di pesawat. Berikut ini daftar barang-barang yang wajib B’timers bawa sebelum melakukan wisata menyelam di Bali.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Wajib Backpacker bagi Pemula

Bagi para penyelam pemula, Bali menyediakan hamparan lautan yang sangat tepat bagi Anda untuk mempraktikkan kembali ilmu menyelam maupun mendapatkan lisensi diving Anda. Di setiap pantai di Bali hampir selalu tersedia aneka toko perlengkapan menyelam, mulai dari yang menjual hingga sekedar menyewakan. Aneka toko menyelam tersebut biasanya juga menyediakan instruktur menyelam profesional dan bersertifikat yang tak keberatan melatih para penyelam beginner. Selalu pastikan bahwa Anda telah terdaftar pada aneka kelas menyelam dari berbagai tempat yang menyediakan fasilitas pelatihan diving, seperti PADI, NAUI, maupun SSI.

Bali juga menjadi salah satu laboratorium alam yang unik bagi para ahli biologi kelautan. Sebagai rumah dari 952 spesies ikan karang, seperti belut, triggerfish, dan damselfish. Di setiap sudut lautan Bali selalu tersimpan berbagai kekayaan lautan seperti raksasa lautan sunfish alias ikan mola-mola seberat 1 ton maupun ikan pari manta sebesar mobil. Selain aneka perlengkapan penyelam, berbagai toko diving juga menyediakan perlengkapan bagi ilmuwan yang hendak menyelam, seperti fish identification chart yang tahan air yang dapat Anda pasang di buoyancy control device (BCD) pada perlengkapan menyelam Anda. Sebuah papan menulis khusus bawah laut akan sangat bermanfaat untuk mencatat aneka spesies laut yang Anda jumpai saat menyelam. Logbook tambahan untuk Anda gunakan saat di daratan juga akan berguna bagi Anda para ahli biologi kelautan untuk memastikan hasil pengamatan Anda selama menyelam tersimpan dalam jangka panjang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hasilkan Uang Sambil Traveling, Ini Tipsnya!
Yang Perlu Dibawa saat Wisata Diving ke Bali | Breaktime
Reruntuhan bersejarah yang hanya bisa B’timers jumpai di lautan Bali

Sebagai tempat tenggelamnya kapal kargo USAT Liberty yang tertembak torpedo Jepang pada masa Perang Dunia II, tepatnya tahun 1942, lautan Bali merupakan spot favorit bagi para arkeologis untuk menelusuri reruntuhan bersejarah di bawah laut. Bawalah kompas, peta bawah laut, dan lampu menyelam untuk membantu Anda bernavigasi di bawah laut sambil menjelajahi sisa kapal maupun benda bersejarah lainnya yang hanya dapat Anda temukan di lautan Bali. Marker buoy dapat membantu Anda memberi penanda dalam menemukan reruntuhan bersejarah yang terpencar di bawah laut karena terbawa ombak atau terdorong binatang laut. Jangan lupa selalu sediakan pisau atau gunting untuk keadaan darurat, namun jangan pernah mengantongi benda bersejarah apapun atau mengambilnya dari tempat Anda menemukan semula. 

Yang Perlu Dibawa saat Wisata Diving ke Bali | Breaktime
Salah satu penghuni laut yang menanti untuk Anda sapa saat menyelam di lautan Bali

Lautan Bali juga merupakan surga di bumi bagi para fotografer bawah laut. Dengan jarak pandang 10 hingga 50 meter, jernihnya lautan dangkal di Bali sangat bagus untuk dimasukkan dalam daftar sesi pemotretan bawah laut Anda. Muck diving merupakan istilah yang sangat populer di kalangan underwater photographer, yakni mneyelam hingga ke dasar laut dangkal untuk memotret keindahan makhluk-makhluk yang mendiami bagian terlunak permukaan laut yang biasa ditutupi oleh lumpur seperti gurita, kadal laut, nudibranch, anglerfish, maupun terumbu karang. Jangan lupa membawa baterai ekstra dan perlengkapan perawatan kamera serta pembersih lensa, hingga memory card ekstra.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Ini Biar Bisa Liburan Di Akhir Bulan!

Sudah siap untuk melakukan perjalanan wisata menyelam di Bali? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE