Wisata Danau untuk Keluarga ke Labuan Cermin | Breaktime
Wisata Danau untuk Keluarga ke Labuan Cermin
02.11.2017

Terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur, terdapat destinasi wisata alam unik yang cocok jadi tujuan wisata danau untuk keluarga. Selain Labuan Cermin, danau yang sebening cermin ini dikenal juga dengan nama danau dua rasa. Nama yang tak kalah unik tersebut muncul dari kandungan air telaga yang merupakan perpaduan sempurna dari air tawar serta asinnya air laut. Bagai terpisah oleh kaca transparan tak kasat mata, bagian tengah danau hingga ke permukaan atas terasa tawar. Bagian tengah danau hingga ke dasar, sebaliknya, terasa asin seperti air laut.

Uniknya, keindahan panorama alam Labuan Cermin belumlah populer di kalangan wisatawan domestik  apalagi mancanegara. Letaknya yang relatif dekat dengan Kepulauan Derawan menenggelamkan popularitas Labuan Cermin sehingga tak begitu banyak dikunjungi daripada gugusan kepulauan yang tak hanya indah dipandang mata tapi juga lumayan menguras dompet tersebut. Untuk mencapai Labuan Cermin, B’timers bisa memesan penerbangan ke Bandara Sepinggan di Balikpapan lalu lanjut ke Bandara Kaliamarau di Tanjung Redeb, sebelum melanjutkan perjalanan darat selama 6 hingga 8 jam menuju Biduk-biduk.

Anda yang tak keberatan menempuh perjalanan yang agak jauh bisa melakukan perjalanan darat langsung dari Balikpapan menuju lokasi wisata danau untuk keluarga di Labuan Cermin. Meski melelahkan dan menguras energi, perjalanan jauh tersebut nantinya akan terbayar lunas begitu menyaksikan keindahan alam di Labuan Cermin. Jernihnya air yang seberning cermin serta panorama dasar danau yang terlihat jelas menjadikan pesona Labuan Cermin tak kalah memesona dibandingkan dengan berbagai pantai di Thailand maupun Maladewa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Simpan Perhiasaan Untuk Traveling Tetap Chic
Wisata Danau untuk Keluarga ke Labuan Cermin | Breaktime
Perahu yang nampak melayang saking jernihnya air danau Labuan Cermin

Meski popularitasnya masih kalah jauh dibandingkan dengan Kepulauan Derawan, di kawasan Desa Biduk-biduk kini telah tersedia berbagai tempat penginapan mulai dari hotel premium hingga hotel kelas melati, dengan kisaran harga dari 80 ribu hingga 300 ribu Rupiah per malam. B’timers juga bisa dengan mudah menyewa beberapa pondok yang dibangun khusus di tepi telaga untuk menampung rombongan pemancing di Labuan Cermin. Dari Desa Labuan Kelambu, B’timers bisa menjangkau danau Labuan Cermin dengan perahu penduduk yang disewakan mulai dari 100 ribu Rupiah saja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Aman Berenang Bersama Pari Manta

Tak hanya akses transportasi maupun tempat penginapan di sekitar Labuan Cermin, Anda juga bisa dengan mudah menemukan berbagai peralatan menyelam maupun snorkeling yang disewakan, seperti pelampung, snorkel, hingga kaki katak. Untuk lebih menghemat biaya liburan, Anda bisa membawa sendiri perlengakapn menyelam Anda atau menyewa jauh hari dari kota asal sehingga jauh lebih murah. Tak hanya mahal, alat menyelam dan berenang yang disewakan di kawasan Labuan Cermin juga kurang mendapatkan perawatan akibat minimnya arus wisatawan ke Labuan Cermin sehingga kondisinya cukup memprihatinkan. Tentu saja berenang dan menyelam menjadi kegiatan yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja di Labuan Cermin karena air danau nan bening serta pencampuran air tawar dan air asin menghasilkan habitat satwa air yang unik serta pantulan sinar matahari yang memesona pada permukaan air danau yang hijau kebiruan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Tempat Menginap di Nusa Dua Terbaik

Sayangnya, listrik di kawasan Labuan Cermin hanya menyala di malam hari sehingga Anda sebaiknya memanfaatkan waktu di sela bersantai untuk mengisi penuh perangkat telpon seluluer, kamera, hingga aneka gadget yang dibawa. Keramahan masayarakat setempat sebaiknya Anda manfaatkan dengan membaurkan diri dan menyelami sendiri uniknya corak kehidupan masayarakat desa di kawasan Labuan Cermin. Meski demikian, Anda sebaiknya tak lagi terlalu bersemangat memberikan uang kepada anak-anak kecil yang meminta-minta, sama halnya dengan di tempat wisata lainnya. Tak lupa, selalu jaga kebersihan di kawasan wisata danau untuk keluarga Labuan Cermin agar keasriannya senantiasa terjaga ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE