Vang Vieng, Surga Kecil Backpacker di Laos | Breaktime
Vang Vieng, Surga Kecil Backpacker di Laos
07.03.2017

Tidak seperti negara lain di Asia Tenggara, Laos relatif belum banyak dikunjungi wisatawan asing, termasuk dari Indonesia. Tapi disinilah letak keunikan negara dengan ibukota di Vientiane ini. Traveler menjadi lebih tertantang untuk menjelajah keindahan Laos.

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi traveler mancanegara di Laos adalah Vang Vieng, sebuah kota kecil di tepi sungai yang berjarak sekitar tiga jam perjalanan darat dari Vientiane.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di Vang Vieng, kota yang tiba-tiba menjadi "surga kecil" bagi traveler dan backpacker yang berkunjung ke Laos?

River Tubing

Karena lokasinya yang dekat dengan sungai, Vang Vieng terkenal dengan atraksi river tubing dengan beberapa cafe dan bar di tepi sungai. Periode terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah pada musim kering sekitar bulan April hingga September, dimana arus air tak terlalu kencang sehingga bisa lebih lama menikmati keseruan di atas air.

Vang Vieng, Surga Kecil Backpacker di Laos | Breaktime
Menjelajah sungai di Laos dengan perahu dari ban alias river tubing

Balon Udara

Salah satu perusahaan travel setempat, Balloons Over Vang Vieng, menawarkan pengalaman seru menikmati landscape kawasan ini. Siapkan budget sekitar USD 80 untuk naik balon udara di atas Vang Vieng.

Blue Lagoon Vang Vieng

Cuaca di Vang Vieng relatif panas, jadi tak ada alasan buat kamu untuk tidak berkunjung ke danau biru alias Blue Lagoon Vang Vieng. Lokasi ini mengingatkan saya pada suasana di air terun Pulau Moyo. Sebuah danau kecil dengan air terjun dan batu-batuan yang bisa dipanjat sehingga turis bisa terjun melompat dari atas. Tiket masuk ke danau ini sekitar USD 1,5.

Vang Vieng, Surga Kecil Backpacker di Laos | Breaktime
Blue Lagoon di kawasan wisata ini selalu ramai oleh wisatawan asing

Jelajah goa

Dengan struktur batuan mirip Maros di Sulawesi Selatan dan Halong Bay di Vietnam tak heran Vang Vieng juga memiliki banyak goa untuk dijelajah. Wisatawan disarankan melakukan aktivitas ini bersama guide lokal untuk menunjukkan jalur yang aman ke dalam goa.

Bermain kayak dan kano

Aktivitas ini mengingatkan saya seperti di Phuket Thailand atau Halong Bay Vietnam. Dengan sungai-sungai besar yang dikelilingi tebing karang, sungai Nam Song di Vang Vieng adalah lokasi yang tepat untuk melakukan aktivitas kayaking dan canoing. Siapkan dana sekitar USD 13 untuk paket satu hari bermain kayak dan susur sungai.

Vang Vieng, Surga Kecil Backpacker di Laos | Breaktime
Sepintas, danau dan air terjun di kawasan ini mengingatkan kita pada Pulau Moyo di NTB

Wisata kuliner lokal khas Laos

Kuliner Laos hampir mirip seperti Thailand dan Vietnam, seperti mie kuah, pancake, dan sandwich (sepintas seperti banh mi). Harga satu mangkok noodle soup ala Laos hanya USD 1,5. Harga makanan di Vang Vieng memang relatif terjangkau untuk kantong backpacker.

Vang Vieng Nightlife

Ingat Gili Trawangan atau kawasan Legian? Seperti itulah Vang Vieng saat malam mulai turun. Cafe dan bar berjejer di sepanjang kawasan backpacker ini. Apabila ingin sekedar rileks dan melepaskan penat, cari cafe atau bar dengan suasana yang tak terlalu ramai dan menawarkan diskon yang berbeda tiap harinya. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE