Usir Post Vacation Blues Dengan 5 Tips Ini | Breaktime
Usir Post Vacation Blues Dengan 5 Tips Ini
04.06.2015

Saat ada tanggal merah dan long weekend, B'timers tentu tak ingin melewatkan waktu libur panjang untuk pergi ke destinasi favorit bersama teman, keluarga, atau orang terdekat.
 
Liburan panjang memang bisa membuat kita lebih rileks, pikiran lebih segar, bahagia, dan produktivitas kerja pun meningkat. Namun terlalu terlena dengan liburan justru memberi kita efek negatif, terutama pada hari pertama kerja. Bukannya bersemangat, justru terkena post-vacation blues di kantor.
 
Berikut 5 tips dari Breaktime untuk menyesuaikan diri usai libur panjang :

Segera unpacking

Bongkar ransel atau koper Anda sesegera mungkin setelah liburan. Menunda-nunda membongkar ransel atau koper akan membuat kita semakin malas, pakaian kotor dan barang-barang lain menumpuk di sudut ruangan. Kondisi ini akan membuat kita semakin berat untuk memulai hari yang baru.

Usir jet lag

Sindrom jet lag tidak hanya terjadi pada penerbangan panjang, tapi juga hari pertama kerja usai libur panjang. Jangan biarkan rasa malas dan euforia liburan menghambat produktivitas kita. Usir jet lag dengan tidur malam yang cukup sehari sebelumnya, minum air putih, dan menjaga pola makan, terutama memperbanyak buah dan sayuran.

Lakukan aktivitas fisik dan detoksifikasi

Melepas hormon endorfin usai liburan sangat baik untuk metabolisme tubuh dan menjaga kebugaran. Aktivitas fisik seperti olahraga ringan atau bersih-bersih rumah sebelum berangkat kerja di hari pertama pasca liburan akan membantu kita lebih bersemangat. Jaga pola makanan dengan detoksifikasi buah dan sayur-sayuran untuk menjaga kesehatan.

Usir Post Vacation Blues Dengan 5 Tips Ini

Kelola Foto Liburan

Jangan tunggu berhari-hari untuk memindah, menyimpan, mengedit, atau mengunggah foto-foto liburan kita ke media sosial. Kegiatan sederhana ini bisa membantu kita lebih bersemangat usai liburan dan memotivasi kita untuk merencanakan liburan berikutnya.

Mengelola keuangan

Setelah memiliki planning liburan berikutnya, tentu yang kita lakukan adalah mengelola keuangan. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa banyak dana yang telah kita habiskan untuk liburan sebelumnya, serta berapa perkiraan biaya untuk liburan berikutnya.
 
Dengan beberapa tips di atas, kini B'timers tak perlu lagi terkena post-vacation blues usai libur panjang. Selamat beraktivitas, tetap produktif, dan bersemangat untuk mempersiapkan liburan berikutnya. Work hard, travel harder!

Share This Article