Ups, Jangan Sampai Lakukan Hal Ini di Jepang!! | Breaktime
Ups, Jangan Sampai Lakukan Hal Ini di Jepang!!
19.04.2016

Jepang merupakan negara yang masih kental menjaga budaya dan adat yang telah diturunkan oleh para leluhur. Untuk berlibur dengan tenang dan nyaman, B’timers setidaknya tahu hal-hal yang sebenarnya umum namun seringkali menimbulkan kesalahpahaman bila dilakukan di Jepang. Apa saja?

Melipat sisi kanan kimono di atas sisi kiri

Pakaian tradisional Jepang ini memang dibuat bertumpuk di bagian depan namun jangan sampai salah menumpuk kimono. B’timers harus melipatnya dengan posisi kimono kiri berada di atas sisi kimono kanan. Sisi kanan yang berada di atas sisi kiri kimono berarti Anda adalah jasad. Hal ini berlaku pula pada yukata.

Ups, Jangan Sampai Lakukan Hal Ini di Jepang!! | Breaktime
Sisi kiri harus menumpuk di atas sisi kanan kimono, ya!

Berbicara keras dalam kereta

Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku di Jepang saja. Dimana pun, B’timers sebaiknya tidak berbicara keras-keras karena akan mengganggu penumpang lainnya yang menginginkan ketenangan dalam transportasi umum. Anda cukup berbisik kepada lawan bicara bila terdapat hal penting yang ingin disampaikan.

OK gesture

Bahasa isyarat memang seringkali membawa kesalahpahaman di berbagai negara. Untuk kasus Jepang, gesture OK dan uang beda tipis. Bila B’timers terbiasa mengucapkan OK dengan gerakan mengaitkan jempol dan telunjuk, maka hal tersebut menjadikan deal rahasia yang berkaitan dengan uang dan memicu kesalahpahaman. Maka, sebaiknya Anda tidak menggunakan gesture ini bila berada di Jepang.

Ups, Jangan Sampai Lakukan Hal Ini di Jepang!! | Breaktime
Ternyata di Jepang berarti ‘uang’, lho!

Tidak membuang sampah dengan tepat

Bila di Indonesia tempat sampah hanya satu dan tidak dibedakan mana sampah kering dan sampah basah, beda dengan di Jepang. Anda harus pandai membedakan sampah mana yang basah dan kering. B’timers juga wajib membedakan sampah mana yang bisa didaur ulang dan tidak.

Membawa minuman dari luar restoran

Umum bila B’timers menemui restoran menuliskan “jangan bawa makanan/minuman dari luar”. Di Jepang, mayoritas restoran sangat ketat dengan peraturan tersebut. Anda akan dinilai tidak sopan terhadap restoran yang Anda masuki. B’timers akan ditegur dengan halus maupun kasar bila kedapatan membawa minuman atau makanan restoran lain ke dalam sebuah restoran.

Ups, Jangan Sampai Lakukan Hal Ini di Jepang!! | Breaktime
Awas, minuman restoran lain tidak boleh dibawa masuk!!

Meninggalkan jemuran terlalu lama

Biasanya B’timers terlupa mengangkat pakaian kering dari jemuran merupakan hal yang wajar di Indonesia. Namun, sebenarnya kebiasaan ini ternyata justru tidak baik bagi pakaian Anda sendiri. Bila berkunjung ke Jepang dan terpaksa mencuci, sebaiknya Anda segera mengangkat jemuran setelah kering dan melipatnya dengan rapi.

Menggunakan kursi prioritas

Transportasi umum akan menyediakan kursi prioritas yang digunakan untuk wanita hamil, lansia, hingga yang terluka. Anda sangat diperbolehkan duduk di kursi tersebut bila memang tidak ada yang mendudukinya. Namun, bila kondisi transportasi umum semakin padat, B’timers harus segera bangkit dari kursi tersebut dan mempersilakan penumpang lainnya untuk duduk.

Ups, Jangan Sampai Lakukan Hal Ini di Jepang!! | Breaktime
Prioritaskan duduk bagi yang membutuhkan, ya!

Ternyata memang ada hal yang perlu diperhatikan selama berwisata di negeri matahari terbit, ya! Dengan menghindari hal yang tak boleh dilakukan tersebut, B’timers juga turut menghormati budaya dan peraturan yang telah tumbuh berkembang selama bertahun-tahun di Jepang. Semoga membantu! (ft)

Share This Article