Umroh Backpacker, Solusi Murah ke Tanah Suci | Breaktime
Umroh Backpacker, Solusi Murah ke Tanah Suci
06.09.2017

Belakangan ini rupanya popularitas ibadah ke tanah suci Mekkan semakin meningkat. Tak hanya ibadah Haji yang wajib saja, umroh yang merupakan ibadah sunnah dan dulunya identik dengan orang berada pun mulai meningkat popularitasnya. Tingginya animo masyarakat tersebut semakin ditunjang dengan banyaknya pihak yang membantu pelaksanaan ibadah umroh, seperti munculnya berbagai maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah, diskon harga penginapan, hingga travel agent dengan biaya terjangkau.  

Sayangnya, berkaca dari kasus penipuan agen umroh yang baru saja terjadi, masihkah aman untuk mengandalkan travel agent untuk melaksanakan ibadah umroh murah? Apakah kasus tersebut kembali menjadikan umroh sebagai ibadah sunnah yang tak terjangkau dan tak memungkinkan untuk dilakukan semua kalangan? Ibadah umroh sendiri umumnya terdiri dari umroh promo dan reguler. Umroh reguler biasanya membutuhkan budget sekitar 26 juta Rupiah per orang, sedangkan umroh promo hanya 16 juta Rupiah per orang.

Tak hanya kedua jenis umroh konvensional tersebut, kini praktik umroh backpacker mulai menjamur di kalangan umat Muslim. Pertama kali dipopulerkan oleh penulis buku Umroh Backpacker: A to Z Berumroh ala Backpacker, Elly Basrah Lubis, umroh backpacker merupakan fenomena kekinian dalam menyikapi biaya umroh yang selangit. Apabila B’timers menentukan anggaran perjalanan dan itinerary, biaya umroh dengan cara backpacker dapat ditekan hingga mencapai 8 juta Rupiah saja per orang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Ini Rahasia Murah Wisata Lombok!

Komponen utama yang menyebabkan murahnya paket perjalanan umroh backpacker ialah tiket pesawat. Normalnya, tiket pesawat pulang-pergi non-promo ke Jeddah biasanya mematok harga di atas 11,5 juta Rupiah. Untungnya, saat ini telah terdapat berbagai maskapai penerbangan yang menawarkan tiket pesawat murah dan promo, asalkan B’timers pandai berburu informasi. Selain berburu promo, Anda juga bisa membeli tiket sejak jauh-jauh hari maupun memilik keberangkatan dari negara yang berjarak cukup dekat ke tanah suci. Contoh tiket pesawat pulang-pergi promo dari Malaysian Airlines hanya sebesar 1,3 juta Rupiah saja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Makan Ini Sebelum Naik Pesawat!

Selain tiket pesawat, umroh backpacker juga menekan anggaran dengan cara menghilangkan berbagai biaya seperti biaya memberangkatkan ustad dan travel agent dari Indonesia, menurunkan kelas penginapan, biaya pemasaran paket umroh, suvenir seperti koper, ihram, maupun seragam umroh, biaya perjalanan wisata tambahan selain ibadah umroh, hingga biaya manasik. Selain fasilitas tambahan yang dapat dihilangkan tersebut, umroh backpacker tetap akan mendapatkan fasilitas umroh reguler di Mekkah, mulai dari makanan reguler 3 kali sehari, hotel, hingga mutowif. 

Umroh Backpacker, Solusi Murah ke Tanah Suci | Breaktime
Dengan metode perjalanan ala backpacker, umroh bisa jadi ibadah yang murah dan terjangkau

B’timers yang berminat melakukan umroh backpacker sebaiknya tidak pergi sendirian agar dapat berbagi biaya dengan orang lain. Sama halnya dengan perjalanan backpacking pada umumnya, memiliki partner perjalanan akan menekan anggaran Anda karena aneka pengeluaran makan, transportasi, hingga berupa akomodasi berupa penginapan dapat dibayar secara patungan sehingga menjadi lebih murah. Tak hanya biaya yang berkurang drastis, melakukan umroh backpacker secara berkelompok juga dapat meminimalisir risiko tersesat saat menuju tanah suci tanpa adanya panduan perjalanan dari travel agent terpercaya. Selain berangkat bersama-sama, usahakan Anda mendapatkan kenalan maupun tumpangan warga lokal agar Anda mendapatkan keringanan berupa biaya penginapan hingga makan gratis selama di tanah suci.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Agar Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat!

Berbeda dengan umroh dengan agen, umroh backpacker menuntut Anda untuk memilih transportasi dan fasilitas umum dengan cermat. Salah satu tipsnya ialah dengan menawar taksi terlebih dahulu meskipun sudah menggunakan argometer. Selain itu, jangan ragu menggunakan fasilitas umum seperti masjid untuk tidur seperti backpacker pada umumnya. Berbagai masjid di tanah suci tak hanya menyediakan fasilitas yang memudahkan ibadah, namun juga aneka fasilitas istirahat, tidur, mandi, hingga makan gratis.

Tak hanya mengandalkan fasilitas makan gratis di berbagai fasilitas umum, B’timers juga bisa memenuhi berbagai kebutuhan konsumsi harian Anda dengan memasak makanan sendiri. Berbagai penginapan murah khusus backpacker biasanya menyediakan fasilitas mini pantry. Anda cukup membawa beberapa liter beras dari tanah air serta aneka rupa lauk kering maupun yang tak mudah basi. Jangan lupa sisakan sedikit budget Anda untuk memanjakan diri dengan mencicipi kuliner khas Arab maupun membeli oleh-oleh murah dan sederhana bagi keluarga di rumah.

Saat melaksankan perjalanan umroh backpacker, jangan lupa senantiasa menjaga kesehatan agar tak membuat pembengkakan biaya untuk ke rumah sakit. Selain itu, jangan sesekali rewel mengenai minimnya fasilitas tidur, mandi, maupun makanan yang Anda nikmati selama beribadah di tanahsuci. Happy umrah backpacking, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE