Tujuh Tips Penting Sebelum Taklukkan Rinjani | Breaktime
Tujuh Tips Penting Sebelum Taklukkan Rinjani
08.10.2017

Disebut-sebut sebagai gunung berapi dengan puncak terindah di Asia Tenggara, tak berlebihan bila Rinjani menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing.

Bagaimana cara menuju Rinjani? Berapa lama sampai puncak? Apa saja yang perlu dibawa ke Rinjani? Pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul di benak B'timers yang baru pertama kali ke Rinjani. Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar perjalanan menuju Rinjani.

Menuju Lombok

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur. Jadi kamu bisa ambil jalur udara dan turun di Lombok International Airport (LOP) atau jalur laut dan darat melewati rute penyeberangan Padang Bai - Lembar dari Bali atau Pototano - Kayangan dari arah Sumbawa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksotisme Budaya Jawa dalam Wisata Pekalongan

Setelah tiba di Lombok, pendaki bisa menuju Sembalun dengan sewa mobil atau motor (ojek). Transportasi umum bis Damri tersedia dari Bandara Lombok menuju terminal Pancor di Selong, kemudian perjalanan dilanjutkan naik ojek menuju Sembalun.

Tujuh Tips Penting Sebelum Taklukkan Rinjani | Breaktime
Pemandangan kawasan Sembalun dari Pusuk

Periode Pendakian

Periode terbaik untuk mendaki Rinjani adalah sekitar Juli sampai September karena cuaca sangat cerah. Meski demikian, siapkan masker, sunblock, dan jaket windbreaker karena kondisi jalu pendakian cukup kering, panas, dan berdebu.

Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani akan ditutup untuk segala aktivitas pendakian selama tiga bulan, biasanya dimulai bulan Januari sampai Maret untuk pemulihan ekosistem dan faktor cuaca.

Tujuh Tips Penting Sebelum Taklukkan Rinjani | Breaktime
Jalur awal pendakian Rinjani menuju Pos 2

Berapa hari yang dibutuhkan untuk menuju Puncak Rinjani?

Untuk menuju puncak Rinjani, pendaki normalnya perlu minimal dua hari satu malam dengan menginap di Plawangan melalui jalur Sembalun atau jalur Senaru. Jalur Plawangan Sembalun lebih bersahabat dan cocok untuk pendaki pemmula.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Liburan ke Tempat Wisata Terbaik di Dunia

Berapa lama pendakian menuju puncak Rinjani?

Siapkan fisik karena pendaki akan melakukan trekking sekitar enam sampai tujuh jam dari Sembalun menuju Plawangan, plus tiga jam summit dari Plawangan menuju puncak Rinjani.

Tujuh Tips Penting Sebelum Taklukkan Rinjani | Breaktime
Deretan tenda para pendaki di Plawangan camp area

Apa saja yang perlu dibawa sebelum terbang ke Lombok?

Ransel atau backpack ukuran 35 liter sudah cukup untuk keperluan selama tiga hari dua malam. Benda-benda lain yang perlu dibawa secara pribadi antara lain: pakaian ganti, sepatu gunung, jaket windbreaker, masker, sarung tangan, senter atau headlamp, gaiter, trekking poll, matras, sleeping bag, tissue dan tissue basah, cemilan secukupnya (madu atau coklat).

Sisanya, peralatan mendaki seperti tenda, kompor, gas isi ulang, peralatan masak, sayur, beras, dan bahan makanan lainnya akan dibawa oleh guide atau porter. Biaya jasa guide per hari mulai dari Rp 250.000.

Tujuh Tips Penting Sebelum Taklukkan Rinjani | Breaktime
Para pendaki di puncak Rinjani

Perlukah memakai jasa guide dan porter untuk mendaki Rinjani?

Wisatawan asing wajib menggunakan jasa guide dan porter. Sedangkan pendaki lokal tidak wajib. Bagi pendaki pemula sebaiknya ditemani oleh guide yang akan membantu segala keperluan pendakian, mulai dari menunjukkan jalur, memasang tenda, memasak, dll.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Menikmati Liburan di Jepang di Musim Dingin

Faktor apa saja yang dilarang untuk melakukan pendakian Rinjani?

Calon pendaki yang memiliki gangguan kesehatan organ dalam seperti jantung dan tekanan darah tinggi sebaiknya tidak melakukan pendakian. Faktor cuaca dan fisik menjadi alasan utama karena keselamatan pendaki merupakan hal terpenting.

Secara umum, Rinjani termasuk gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Keindahan alamnya di sepanjang jalur pendakian, jalur perkemahan, dan jalur menuju puncak menjadi daya tarik pecinta alam untuk menaklukkan Rinjani.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE