Tujuh Tips Aman dan Nyaman Bermalam di Hostel | Breaktime
Tujuh Tips Aman dan Nyaman Bermalam di Hostel
12.03.2015

Bila B’timers hobi traveling ala backpacker, tentu sudah sangat paham bagaimana caranya mencari tiket pesawat murah. Beberapa waktu lalu pun Breaktime telah memberi bocoran tips hunting tiket pesawat murah. Tapi bagaimana dengan penginapan berharga terjangkau?

Saat ini, sangat mudah Anda temui penginapan low-price yang ditujukan bagi para backpacker, dari kelas hostel, homestay, hingga budget hotel. Salah satu pilihan terbaik adalah hostel, penginapan ala kamar asrama yang memiliki ranjang bertingkat dengan harga sewa yang terjangkau.

Meski menawarkan harga relatif murah, ada beberapa hal yang perlu B'timers perhatikan saat memilih hostel sebagai tempat singgah dalam perjalanan. Simak beberapa tips aman dan nyaman memilih hostel berikut ini.

Pilih yang lengkap fasilitasnya

Murah tak selamanya murahan. Demikian pula dengan hostel. Dengan tarif jauh di bawah penginapan kamar atau hotel, Anda bisa menjumpai fasilitas hostel yang tak kalah dengan hotel, seperti kamar ber-AC, kamar mandi dalam, air panas, dan free wi-fi.

Berkenalan dengan orang baru

Tak jarang Anda mendapat teman sekamar saat menginap di hostel. Anda bisa sharing pengalaman traveling, bertukar informasi, dan mencari rekomendasi destinasi wisata menarik. Berkenalan dengan orang baru akan membuat Anda lebih nyaman saat melakukan perjalanan di negara lain.

Berbaur dengan penduduk lokal

Pada beberapa destinasi yang cukup sulit dijangkau, sulit bagi Anda untuk menemukan hostel atau penginapan. Solusinya adalah dengan menyewa homestay atau rumah-rumah penduduk. Dengan membaur bersama penduduk lokal, Anda justru berkesempatan mendapat lebih banyak informasi dari lokasi yang didatangi.

Cari penginapan asal Indonesia

Bila bepergian ke luar negeri, usahakan untuk memesan hostel atau penginapan dari Indonesia. Hal ini untuk mempermudah Anda saat sampai di negara tujuan, terutama saat peak season di mana banyak kamar hotel atau hostel yang telah penuh terpesan.

Riset dan compare harga

Internet adalah sahabat utama para backpacker, terutama untuk menggali informasi, tak terkecuali tentang hostel. Simak testimoni dari traveler lain yang pernah menginap di sana. Kemudian compare harga dan fasilitas antara satu hostel dengan hostel yang lain.

Gembok dan colokan sesuai negara

Dalam sebuah kamar hostel, Anda "hidup" bertetangga dengan traveler lain yang mungkin belum dikenal dan berasal dari negara yang berbeda, dengan kultur berbeda pula. Alangkah baiknya demi alasan keamanan kita menyiapkan satu gembok khusus untuk mengamankan tas atau koper. Jangan lupa membawa colokan listrik dengan tipe yang sesuai di negara tujuan.

Stay aware, tapi hindari sikap paranoid

Tak ada tempat di dunia ini yang seratus persen aman, karena itu sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk mengawasi dan mengamankan barang bawaan, termasuk juga menjaga diri sendiri. Bagi women traveler, di beberapa kota yang ramai backpacker biasanya tersedia hostel khusus perempuan.

Memilih hostel yang tepat berarti Anda melakukan dua hal sekaligus, menghemat biaya traveling sekaligus menambah pengalaman selama di perjalanan. Let’s go backpacking, B’timers!

Share This Article