Trik Pilih Sambungan Internet Pas di Jepang | Breaktime
Trik Pilah Pilih Sambungan Internet Pas di Jepang
24.04.2016

Di era modern ini, harus diakui bahwa kebanyakan manusia tidak bisa hidup tanpa sambungan internet. B’timers pasti sudah kelabakan bila jaringan internet Anda lemah sinyal bahkan terputus, kan? Apalagi saat Anda bepergian ke luar negeri, pasti B’timers cukup kesusahan mencari sambungan internet yang pas. Nah, untuk B’timers yang berencana ke Jepang, bisa memilih sambungan internet ini, lho!

Daftar Layanan Wi-Fi

Bila Anda berkunjung ke Jepang, biasanya melalui smartphone Anda akan terdeteksi layanan Wi-Fi. Namun agar dapat mengakses tersebut, B’timers harus mengunduh aplikasi seperti NTT DOCOMO atau Travel Japan WiFi. Setelah berhasil mengunduh, Anda dapat membayar layanan bahkan beberapa memberikan secara cuma-cuma untuk berlangganan wi-fi selama seminggu atau lebih. Anda akan secara otomatis dapat menikmati sambungan internet.

Trik Pilih Sambungan Internet Pas di Jepang | Breaktime
Salah satu aplikasi NTT DOCOMO yang memudahkan turis asing di Jepang

Asyiknya, Anda tidak perlu membeli paket data yang ada di Jepang sehingga dapat langsung digunakan. Sayangnya, masa langganan wi-fi, apalagi yang gratis, biasanya hanya berlaku selama 2 minggu saja. Lebih dari itu, koneksi akan terputus. Sinyal juga berisiko sangat buruk sehingga berpengaruh pada kecepatan internet. Anda harus ekstra sabar dengan kecepatan internet yang pas-pasan mengingat banyak penggunanya.

Baca Juga: Secepat Apa Koneksi Internet Amerika Serikat

Menyewa Router Wi-Fi

Di Indonesia, B’timers mungkin sudah mengenal pocket wi-fi yang dapat dibawa ke mana saja. B’timers dapat menyewa pocket wi-fi tersebut agar dapat terkoneksi dengan internet. Anda dapat menyewanya di kios yang ada di bandara atau pusat-pusat turis. Harganya pun bervariasi, mulai dari 400 yen hingga 1500 yen per hari tergantung kecepatan dan kuota data. 

Trik Pilih Sambungan Internet Pas di Jepang | Breaktime
Pocket wi-fi imut dan mudah dibawa ke mana saja

Kelebihan menyewa pocket wi-fi adalah Anda dapat terjamin koneksi internetnya selama berada di Jepang. Anda tidak perlu takut kehilangan sinyal dimana saja dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Namun, pocket wi-fi harus rutin di-charge agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, beberapa dari Anda akan merasa terganggu dan tidak nyaman karena harus membawa pocket wi-fi kemana pun berada.

Menyewa kartu SIM

Selain tersedia penyewaan pocket wi-fi, di Jepang juga tersedia tempat penyewaan kartu SIM. Layaknya kartu SIM yang ada di Indonesia, masing-masing provider menawarkan harga yang beragam untuk kecepatan dan kuota data tertentu. Kisaran harga yang dipatok oleh kios persewaan SIM adalah 2700 yen hingga 10.000 yen tergantung besarnya kuota dan kecepatan.

Trik Pilih Sambungan Internet Pas di Jepang | Breaktime
Kemudahan dari kartu sim harus dibayar dengan harga mahal

B’timers mungkin sudah tidak perlu khawatir lagi dengan sambungan internet selama kartu SIM Anda memiliki kuota cukup untuk terkoneksi. Mudah dibawa ke mana saja memang menjadi andalan dalam menyewa kartu SIM, tetapi juga populer untuk harga yang sangat mahal dibandingkan cara sebelumnya. Selain itu, smartphone Anda harus sesuai dengan spesifikasi kartu SIM yang ada di Jepang agar dapat menyewa kartu SIM.

Tersambung dengan internet memang penting untuk memberikan informasi kepada keluarga hingga rekan selama Anda berjauhan. Namun, jangan sampai kebutuhan Anda akan jaring internet justru menghalangi kesempatan B’timers untuk menikmati keindahan yang ada di Jepang. Be a smart traveller and good luck! (ft)

Share This Article