Travelling with Kids ke Tempat Wisata Keluarga | Breaktime
Travelling with Kids ke Tempat Wisata Keluarga
15.08.2017

Musim liburan memang masih lama, tapi sudahkah B’timers menyiapkan rencana untuk berlibur bersama keluarga? Berbeda dengan masa lajang atau saat masih berdua saja dengan pasangan, liburan bersama anak harus direncanakan dengan matang. Dengan demikian, anak senang, orangtua pun tenang.

Awalnya mungkin sulit membayangkan liburan sekeluarga dengan membawa serta anak-anak yang masih balita bahkan newborn. Apa perlu menunggu anak tumbuh besar sebelum mengajaknya liburan? Padahal mengajak anak untuk berwisata sekeluarga sedini mungkin akan melatihnya hidup serba terbatas dan kurang nyaman di perjalanan, serta membekali dengan hal-hal baru yang akan berguna di hidupnya kelak. Agar liburan ke tempat rekreasi keluarga tak hanya menyisakan penat, tapi juga memorable mendidik, simak tips travelling with kids berikut ini.

Expect less

Untuk mendapatkan family trip yang seru sekaligus memperkuat bonding antar anggota keluarga, cobalah untuk membuat ekspektasi sesedikit mungkin. Jangan muluk-muluk merencanakan wisata keluarga harus ke tempat ke ini dan itu. Alih-alih membuat daftar panjang mengenai tempat-tempat bersejarah atau lokasi wisata hits di kota tujuan, B’timers sebaiknya memilih satu saja destinasi utama. Nikmati liburan sebagai sarana mendekatkan diri dengan anak-anak setelah sehari-hari disibukkan dengan pekerjaan kantor. Tak ada yang mewajibkan Anda harus mengunjungi semua must-see sights yang ditawarkan dalam satu kawasan. Seringkali, kegiatan favorit anak saat liburan keluarga ialah sesederhana piknik di bawah pohon di tepi gemericik sungai atau having fun di taman bermain sepi pengunjung di salah satu sudut terpencil kota tujuan wisata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Alasan Bayi Harus Duduk Sendiri Di Pesawat!

Plan more

Lupakan travelling serba dadakan di masa muda Anda. Liburan bersama ke tempat rekreasi keluarga artinya Anda harus bersiap dengan berbagai rencana sedetail mungkin terkait akomodasi. Mulai dari hotel booking, sarana transportasi, hingga barang bawaan, semuanya harus disiapkan dengan matang sejak jauh hari. B’timers tentu tahu dong betapa ribetnya barang bawaan bayi dan balita? Siapkan pakaian, camilan, hingga mainan mereka dalam tas yang nyaman dibawa dan mudah diakses sehingga Anda tidak akan kerepotan ketika harus mengganti popok anak sewaktu-waktu. Pastikan Anda membawa pakaian anak dengan sedikit kelebihan agar Anda tidak panik ketika anak muntah atau menumpahkan makanan di bajunya dan harus segera berganti baju. Cek kembali kondisi kendaraan pribadi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk mengisi daya ponsel, tablet, hingga kamera yang Anda bawa dalam perjalanan. 

Travelling with Kids ke Tempat Wisata Keluarga | Breaktime
Siapa sangka ternyata liburan bersama keluarga bisa seseru ini!

Apabila Anda bepergian dengan kendaraan umum seperti pesawat, informasikan kepada agen perjalanan Anda atau maskapai penerbangan yang Anda pilih bahwa Anda bepergian bersama anak kecil. Ada beberapa fasilitas khusus bagi anak saat terbang, misalnya kursi khusus bayi di pesawat. Demikian juga ketika menginap di hotel. Mintalah fasilitas khusus yang akan Anda dan keluarga butuhkan, seperti termos air panas, selimut tambahan, atau tempat tidur ekstra.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Nyaman Anti Macet Wisata Alam Di Puncak

Wisata segala usia

Berlibur ke tempat wisata keluarga bersama anak bukan berarti Anda harus mencari destinasi yang kid-centric. Tak ada salahnya lho mengajak anak mengunjungi wisata sejarah, seperti museum atau monumen historis, asal Anda dapat mengemasnya dengan menarik. Ajak anak untuk berfoto di situ-situs bersejarah, sambil tak lupa menyisipkan informasi mengenai sejarah lokasi tersebut dan pesan-pesan bermanfaat apa saja yang dapat Anda tanamkan. Daripada berkunjung ke taman hiburan lagi dan lagi, ajaklah anak Anda untuk mengenal alam melalui wisata hiking atau tempat konservasi lingkungan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Guide Anti-Rugi Rekreasi Murah Meriah di Bali

Surprise them!

Setelah seharian mengajak anak berkeliling tempat wisata keluarga, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa treats untuk mereka karena telah bersikap baik dan tidak tantrum sepanjang perjalanan dan di lokasi wisata. Tak usah mahal, Anda bisa menyiapkan kudapan ringan favorit mereka atau mengizinkan anak Anda untuk memilih suvenir yang dijual di destinasi wisata Anda. Selain menghibur, special treats yang Anda berikan pada anak tersebut akan menunjukkan bahwa Anda menghargai sikap baik mereka selama liburan. Kelak, anak Anda akan senantiasa mengingat momen liburan keluarga hanya dengan menyentuh mainan kecil yang dibelinya di lokasi wisata.

Selamat merancang liburan bersama sekeluarga ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE