Traveling Aman ke Eropa? Ikuti Tips-Tips Ini! | Breaktime
Traveling Aman ke Eropa? Ikuti Tips-Tips Ini!
04.03.2016

Yuhuuu! Akhirnya jumlah tabungan di rekening mencukupi untuk melakukan liburan ke luar negeri. Negara mana sih, yang paling ingin Anda kunjungi, B’timers? Apakah negara-negara Eropa? Anda tidak akan pernah merasa puas dengan berlibur ke Eropa. Kaya akan berbagai budaya, pemandangan dan keragaman orang yang Anda temui akan memberi warna unik tersendiri untuk pengalaman traveling Anda.

Namun dengan banyaknya travel warning yang muncul, seiring dengan berbagai ancaman serangan terhadap turis yang berkunjung, Anda mungkin merasa sedikit waswas untuk melakukan perjalanan seorang diri. Tapi, jangan khawatir, B’timers, karena Eropa tetap merupakan tujuan yang aman, kok. Dan untuk pencegahan, tidak ada salahnya mengetahui beberapa tips traveling aman di Eropa seperti berikut ini, B’timers.

Pakai tas yang tepat

Meskipun dikenal ramah bagi wisatawan, tidak berarti Anda terbebas dari resiko pencurian, B’timers. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa tindakan pencegahan daripada harus menyesal, bukan? Kenakan money belt atau neck wallet untuk menyimpan kartu kredit, uang tunai, serta tanda pengenal ketika Anda berjalan-jalan ke kota.

Dan untuk barang-barang berharga yang tidak mungkin dimasukkan ke dalam money belt atau neck wallet, bawa ransel untuk menjaga semuanya tetap aman. Selain itu, ketika Anda berada di kawasan-kawasan ramai, seperti pusat kota atau kedai minuman, jangan pernah lengah, ya, B’timers.

Traveling Aman ke Eropa? Ikuti Tips-Tips Ini! | Breaktime
Bawa map untuk mengetahui destinasi wisata terdekat

Persiapkan diri terhadap pencurian

Meskipun upaya yang Anda lakukan untuk melindungi barang berharga dirasa sudah aman, tidak ada salahnya mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terburuk. Buatlah salinan dari semua dokumen penting Anda. Paspor, ID, asuransi, tiket, serta kartu kredit. Dan simpan dalam tempat yang terpisah dengan dokumen aslinya, ya, B’timers. Jadi, Anda memiliki bukti jika diperlukan.

Sebaiknya Anda memang tidak perlu membawa barang elektronik atau perhiasan saat traveling ke luar negeri. Namun jika terpaksa membawa, ambil potret yang jelas dari semua barang berharga tersebut sebelum melakukan perjalanan. Ini agar nantinya Anda bisa mengajukan klaim pada pihak asuransi dengan bukti tersebut.

Be strategic

Bagi penggemar festival, Eropa merupakan tujuan yang sangat penuh inspirasi. Dan musim panas adalah waktu yang tepat untuk menikmati festival yang cukup unik dan bahkan menggelikan. Bahkan tidak sedikit orang yang langsung menggila di tengah keramaian. Nah, jika Anda melakukan perjalanan wisata di musim ramai seperti itu, sangat penting untuk tetap waspada, B’timers.

Dekap saja ransel di bagian dada, sehingga Anda bisa dengan mudah mengawasi barang bawaan. Dan ketika makan di restoran atau kafe setempat, taruh ransel di antara kaki Anda. Saat Anda harus menggunakan transportasi umum, seperti kereta atau bis, sebaiknya dekap tas ransel Anda di depan dada sepanjang waktu. Dan gunakan kunci gembok jika Anda rasa itu dapat meningkatkan keamanan.

Traveling Aman ke Eropa? Ikuti Tips-Tips Ini! | Breaktime
Lebih baik gunakan transportasi umum

Tentu tidak perlu menjadi seseorang yang terlalu paranoid saat bepergian ke Eropa, B’timers. Anda tetap bisa bersantai dan menikmati perjalanan tersebut. Atau mungkin Anda sendiri sudah memiliki tips aman untuk traveling di Eropa, B’timers? (NO)

Share This Article