Tips Traveling a la Atlet yang Wajib Dicoba | Breaktime
Tips Traveling a la Atlet yang Wajib Dicoba
02.03.2016

Traveling ke negara tetangga dengan pembagian waktu yang berbeda seringkali melelahkan karena jet lag. Namun, B’timers tak perlu khawatir lagi, karena dengan tips traveling a la atlet ini, perjalanan Anda akan lebih menyenangkan dan terhindar dari rasa lelah. Yuk, coba!

Cegah jet lag dengan makanan

Agar tubuh terhindar dari jet lag, memenuhi asupan nutrisi yang tepat merupakan hal penting. Untuk itu, persiapkan sejak 3 hari sebelumnya.

  1. H-3 menjelang keberangkatan, sebaiknya konsumsi makanan tinggi protein ketika sarapan dan makan siang. Untuk makan malam, konsumsi makanan tinggi karbohidrat. Selain itu, batasi asupan kafein.
  2. H -2 menjelang keberangkatan, hanya konsumsi light meal, seperti salad, sup, buah, ataupun jus. Intinya, penuhi kebutuhan tubuh dengan sayur dan buah-buahan.
  3. H-1 menjelang keberangkatan harus Anda lakukan seperti H-3, yakni sarapan dan makan siang tinggi protein, makan malam tinggi karbohidrat, serta membatasi asupan kafein.
  4. Di hari keberangkatan, sebaiknya hindari kafein dan alkohol, serta minum 200 ml air tiap jam. Tidur yang cukup di malam sebelumnya dan membiarkan tubuh tetap terjaga hingga landing, akan membantu Anda menghindari jet lag.
Tips Traveling a la Atlet yang Wajib Dicoba | Breaktime
Pilih makanan yang tepat sebelum dan saat perjalanan

Siapkan snack sehat untuk bekal perjalanan

Perjalanan panjang, tentu akan membosankan tanpa ditemani camilan yang pas. Untuk itu, persiapkan buah-buahan segar, kue oat, buah-buahan kering, sereal, rice cake, yogurt, kacang dan air putih sebagai bekal perjalanan.

Tetap nyaman dan fresh

Agar perjalanan tetap nyaman, perhatikan hal-hal kecil berikut ini.

  1. Tetap santai dengan mengenakan baju yang nyaman. Selain itu, kenakan pula jaket untuk menghalau dingin.
  2. Pilih waktu penerbangan yang tepat dan memungkinkan Anda tiba di tempat tujuan bertepatan dengan waktu tidur.
  3. Hindari minuman beralkohol selama di pesawat untuk mencegah stimulasi berlebih dan pilih teh chamomile yang menenangkan.
  4. Bawa MP3 player untuk membantu mengatasi rasa bosan di pesawat. Selain itu, mendengarkan musik juga mampu membuat Anda lebih tenang.
  5. Ubah pengaturan waktu di jam tangan ataupun smartphone sesuai dengan waktu tempat tujuan Anda begitu perjalanan dimulai.
Tips Traveling a la Atlet yang Wajib Dicoba | Breaktime
Siapkan permen karet untuk tetap terjaga ketika tiba di tempat tujuan

Tetap fresh ketika tiba

Menjaga otak tetap terjaga begitu tiba di tempat tujuan dapat dilakukan dengan memilih makanan yang tepat. Anda bisa mengonsumsi omelet keju atau salmon asap yang ditemani telur orak-arik dan yogurt. Untuk minuman, Anda bisa memilih teh peppermint yang bisa mengatasi kurang tidur dan fatigue.

Selain makanan dan minuman tersebut, mengunyah permen karet juga dapat membantu otak tetap terjaga. Gerakan selama mengunyah akan menstimulasi otot wajah dan aliran darah di kepala sehingga Anda tetap terjaga. Cukup mudah bukan, melakukan traveling a la atlet, B’timers? (dfr)

Share This Article