Tips-Tips Pintar untuk Memperpanjang Paspor | Breaktime
Tips-Tips Pintar untuk Memperpanjang Paspor
13.07.2016

Traveling ke luar negeri mungkin sudah jadi hobi sebagian besar traveler khususnya yang ber-budget. Salah satu yang paling dibutuhkan untuk bepergian ke luar negeri adalah paspor. Paspor yang memiliki masa aktif juga harus diperpanjang saat habis masa berlakunya. Untuk memperpanjang paspor dengan mudah, berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan.

Jangan buang paspor lama

Untuk membuat paspor baru, sebaiknya jangan buang paspor lama Anda. Ada persyaratan yang mengharuskan Anda meng-email paspor lama untuk mendapatkan paspor baru. Selain itu, jika paspor Anda hilang atau kecopetan, segera buat laporan kehilangan.

Periksa detail paspor

Sebelum memperpanjang paspor, Anda bisa lebih dulu mengecek masa berlakunya. Pastikan paspor Anda tak melebihi masa berlaku lima tahun. Serta pastikan nama dan tanda tangan Anda di paspor lama sama dengan di paspor baru.

Tips-Tips Pintar untuk Memperpanjang Paspor | Breaktime
Perpanjang paspor Anda agar siap digunakan kapanpun

Cek masa berlaku paspor

Meski sudah disebutkan, namun memang sangat perlu diingat bahwa masa berlaku paspor Anda sangat berpengaruh untuk kenyamanan Anda menggunakan paspor. Banyak negara yang baru mengakui paspor, minimal jika paspor sudah berlaku enam bulan.

Hindari kesalahan membuat paspor

Selalu pastikan paspor Anda aktif dan bisa digunakan sebelum berangkat ke luar negeri. Karena itulah, jika paspor membutuhkan perpanjangan maka segeralah memperpanjang paspor Anda agar Anda bisa menggunakannya untuk traveling ke luar negeri.

Dengan tips-tips tadi, Anda akan bisa membuat paspor baru dengan lebih mudah. Ingat, meski tak digunakan setiap hari, namun sebaiknya B’timers selalu mengecek paspor, terutama untuk masa berlakunya, agar Anda bisa segera memperpanjang paspor saat ingin menggunakannya ke luar negeri. Ini juga bisa jadi langkah antisipasi sebelum Anda terlanjur membawa paspor yang sebenarnya sudah expired. (md)

Share This Article