Tips Traveling Dengan Anak Penderita Autis | Breaktime
Tips Tenang Traveling Dengan Anak Penderita Autis
18.10.2017

Bagi sebagian besar orang, traveling merupakan gaya hidup yang bisa menjadi sarana untuk melepas penat, menjalin kedekatan lebih dengan keluarga atau teman-teman, dan sebagai sarana untuk belajar banyak hal. Jika B’timers seorang ibu, traveling menjadi hal yang sangat penting untuk menjalin kedekatan dengan keluarga kecil, khususnya anak-anak. Hanya saja banyak ibu yang menganggap bahwa bepergian bersama buah hati adalah hal yang repot namun tetap menyenangkan.

Bepergian bersama dengan buah hati dalam kondisi normal saja terbilang repot. Lalu bagaimana dengan ibu-ibu yang memiliki buah hati dengan sindrom autisme? Tenang saja, jangan pernah menganggap bahwa ini sangat merepotkan. Anda bisa liburan bersama buah hati yang mengidap autisme dengan sangat menyenangkan. Tentu dengan tips-tips berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Indahnya Langit Chiang Mai Saat Festival Lampion

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah saat berada di pesawat terbang. Anak-anak dengan spektrum autisme bisa menimbulkan rasa takut hingga stres. Jika Moms ingin membuat buah hati tetap tenang selama terbang, cobalah untuk mencari penerbangan maksimal satu jam di udara. Anda juga bisa dengan mengajak anak berbicara beberapa minggu sebelum pergi. Pembicaraan yang dilakukan tentu tentang bagaimana prosedur penerbangan sejak awal.

Anda bisa bercerita mulai dari bagaimana untuk sampai di bandara, mengantri, melewati keamanan, gerbang keberangkatan, naik pesawat, hingga aturan-aturan lain yang harus dilakukan. Anda bisa menunjukkan video di Youtube. Lakukan ini secara rutin, sehingga bisa tertanam di alam bawah sadar mereka.

Selain itu, Moms juga bisa mengajak buah hati untuk latihan lari ringan setiap sore. Ini berfungsi untuk membuat anak terbiasa dengan hiruk pikuk di bandara. Nah, Anda juga harus mengetahui kebijakan setiap maskapai dan usahakan untuk meminta boarding prioritas untuk membuat buah hati Anda tetap tenang.

Tips Traveling Dengan Anak Penderita Autis | Breaktime
Ajak anak bicara sebelum bepergian
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Trik Ampuh Booking Hotel Bali Murah Meriah

Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah packing perlengkapan yang tepat, khususnya apa yang dibutuhkan oleh buah hati Anda. Pastikan anak Anda memiliki akses terhadap mekanisme penanganan yang disukai. Peralatan yang bisa dibawa termasuk smartphone, kacamata hitam, selimut, dan hal-hal lain yang akan membuat buah hati tenang selama beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selain itu, Anda juga harus siap dengan kemungkinan terburuk. Misalnya jika buah hati terlepas dari genggaman Anda. Penderita autis memiliki berbagai tipe. Ada anak dengan tipe yang susah bicara. Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda bisa memberikan tanda di bagian tertentu. Misalnya gelang atau kalaung. Moms bisa menuliskan nama anak dan nomor telefon Anda. Ini dilakukan untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Aman Traveling Sendiri Keliling Dunia

Secara tidak langsung, Anda harus benar-benar memahami autisme. Anak penderita autisme memiliki karakteristik berbeda dengan disertai gangguan neurologis seperti tingkat kemampuan intelektual atau kecacatan yang berbeda, kesulitan motorik, masalah gastrointestinal, tantangan interaksi sosial, tantrum, dan banyak lagi lainnya. Jadi, Anda harus benar-benar memahami pada karakteristik mana buah hati Anda.

Satu hal lagi yang paling penting adalah perlindungan perjalanan dan kesehatan buah hati selama traveling. Untuk kebutuhan yang satu ini, Moms tak perlu bingung harus bagaimana, karena Anda hanya tinggal klik di sini untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE