Tips Smart Saat Perjalanan Panjang & Backpacker | Breaktime
Tips Smart Saat Perjalanan Panjang dan Backpacker
09.05.2016

Bernegosiasi setiap akan memesan penginapan, merencanakan rute bus maupun kereta hingga memikirkan anggaran makan dengan sangat ketat. Inilah beberapa masalah yang sering menjadi sumber stres para backpacker, apalagi mereka yang melakukan perjalanan panjang. Ya, liburan jangka panjang memang tidak selalu mudah, B’timers. Berada di tempat asing dalam waktu yang lama bisa memberikan cukup banyak masalah. Namun, di situlah letak tantangannya. Dan tips saat perjalanan panjang ini akan memberikan pengalaman baru tak terlupakan untuk Anda.

Lakukan sesuai jadwal dan kebiasaan

Meskipun Anda sedang liburan, bukan berarti Anda bisa membuang semua jadwal dan kebiasaan harian, lho, B’timers! Ini sangat penting, apalagi untuk perjalanan panjang dan backpacker. Well, sekalipun kehidupan backpacker bisa sangat berbeda drastis dari hidup yang Anda lakukan di kota, jangan pernah mengabaikan jadwal, seperti yang Anda lakukan, ya? Misalnya bangun pagi untuk mendapatkan kesempatan menikmati kota lebih lama dan menjelajahi sudut baru dari tempat asing.

Tips Smart Saat Perjalanan Panjang & Backpacker | Breaktime
Bawa peta setempat jika akan berpetualang di alam liar

Pikirkan kembali keinginan minum

Seringkali sebagai wisatawan, Anda akan memaksimalkan kesempatan yang ada. Diskon tengah malam minuman beralkohol, tetap harus dihindari, B’timers. Ya, godaan ini mungkin terdengar begitu memikat untuk beberapa minggu pertama Anda melakukan perjalanan. Namun, minum minuman beralkohol, selain tidak menyehatkan, ini juga bukan ide yang baik bagi anggaran yang Anda persiapkan untuk perjalanan. Dan itu akan membuat perjalanan Anda tidak produktif juga, lho.

Rencanakan memasak makan malam

Well, banyak yang menganggap, liburan adalah waktu menikmati makan malam di luar. Hmm, padahal salah satu kunci utama untuk perjalanan panjang yang sukses adalah kebiasaan makan malam Anda, B’timers. Sudah sangat jelas, bahwa makan malam di restoran dengan sebotol anggur akan mematikan tabungan. Akan lebih baik jika membiasakan memasak makan malam Anda sendiri. Sehat, hemat, selain itu, Anda juga bisa berkenalan dengan orang-orang yang menginap di hostel yang sama, bukan?

Tips Smart Saat Perjalanan Panjang & Backpacker | Breaktime
Backpacker bersama buah hati? Boleh juga!

Hindari memilih penginapan mewah

Kemanapun Anda akan pergi berlibur, selalu ada pilihan penginapan yang cukup ramah dengan kantong, lho. Ini juga termasuk tips saat perjalanan panjang. Anda bisa menemukan penginapan khusus untuk backpacker dengan harga murah. Namun, jika Anda berencana melakukan perjalanan panjang, lebih dari seminggu, sebaiknya cari penginapan orang lokal saja, B’timers. Anda bisa menggunakan setiap fasilitas dengan maksimal, seperti dapur atau mesin cuci. Selain itu, akan lebih besar kesempatan bertemu wisatawan lainnya di tempat seperti ini.

Tetap jaga kesehatan dengan olahraga

Jika Anda tidak memiliki jadwal berolahraga sebelum pergi berwisata sekalipun, ini adalah waktu yang paling tepat untuk memulainya, B’timers. Cobalah untuk menjaga rutinitas latihan fisik setiap pagi, untuk menjauhkan Anda dari godaan tinggal di pub hingga larut. Selain itu, ini merupakan cara terbaik menjaga daya tahan tubuh tetap fit selama liburan Anda. Lari setiap pagi akan membantu membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari untuk petualangan menjelajah kota.

Tips Smart Saat Perjalanan Panjang & Backpacker | Breaktime
Meski sedang liburan, olahraga tetap tak boleh dilewatkan

Yang terakhir, tentu harus lebih Anda perhatikan barang yang akan Anda bawa dalam perjalanan panjang. Hindari memasukkan terlalu banyak gadget dalam backpack, ya, B’timers. Cukup kamera atau smartphone Anda saja. Lalu, bagaimana cara mengabadikan liburan itu? Anda bisa menuliskan semuanya dalam sebuah blog perjalanan. Ini akan lebih bermanfaat bagi traveler lainnya, bukan, B’timers? Lakukan tips saat perjalanan panjang tadi dan buat traveling Anda tak terlupakan. (NO)

Share This Article