Tips Memotret Arsitektur yang Hobi Traveling | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Tips Smart Memotret Arsitektur Bagi yang Hobi Traveling
13.01.2016

Traveling tentu selalu terasa seru dan menyenangkan, apalagi saat B’timers bisa mengabadikan momen bepergian lewat jepretan foto. Ada banyak destinasi wisata yang menyuguhkan  pemandangan terbaik dan sangat layak diabadikan keindahannya lewat gambar.

Baca juga tentang: Tips Smart Memotret Landscape

Salah satunya adalah bangunan kuno yang memiliki nilai sejarah tersendiri. Nah, untuk dapatkan hasil foto yang memuaskan, berikut smart tips untuk Anda:

1. Bangun pagi

memotret arsitektur tidak cukup satu hari saja, karena foto arsitektur sangat bergantung dengan cuaca. Foto arsitektur yang baik adalah ketika cahaya matahari tepat mengenai bangunan gedung, didukung oleh langit yang cerah di pagi atau siang hari. Jika jika sudah siang, cuaca cenderung panas dan saat sudah mulai sore, cuaca cenderung mendung atau berawan.

2. Menggunakan lensa wide

Lensa wide sangat dibutuhkan untuk menangkap gambar seluruh bangunan secara utuh. Terkadang dengan menggunakan lensa standar atau kit, kita tidak bisa mendapatkan keseluruhan gambar bangunan atau terpotong. Lensa wide yang disarankan ialah dengan range 12 sd 18mm. Jika Anda menggunakan kamera atau smartphone, Anda bisa menggunakan fitur panorama. Jika tidak terdapat fitur ini, Anda bisa maju atau mundur agar gambar seluruh bangunan dapat diambil.

3. Detail bangunan

Untuk memotret bangunan, kita harus bisa mengambil secara detail dan tajam. Gunakan Diafragma F14 misalnya, untuk bisa mendapatkan detail bangunan dengan baik.

Tips Memotret Arsitektur yang Hobi Traveling | Breaktime

4. Tambahkan unsur lain

jika kita merasa memotret bangunan hasilnya standar saja, cobalah cari angle atau sudut yang baru. Kita bisa berkeliling bangunan tersebut untuk mencari sesuatu yang unik, dan angle unik ini bisa bermacam macam, salah satunya seperti refleksi dari air yang tergenang atau danau di sekitar bangunan tersebut. Menambah refleksi di foto membuat foto arsitektur Anda menjadi lebih menarik.

5. Tambahkan skala

bangunan umumnya mempunyai bentuk yang tinggi dan megah, untuk mengetahui besarnya bangunan tersebut kita bisa menggunakan skala dengan memasukkan orang berada tepat di depan bangunan. Kita bisa menunggu orang-orang ini sampai mendapatkan momen di mana turis atau traveler melewati gedung atau bangunan. Bisa juga ditambahkan atraksi budaya dan tarian sehingga bangunan menjadi background dan membuat foto tampak lebih dramatis.

Tips Smart Memotret Arsitektur Bagi yang Hobi Traveling

6. Pelajari sejarah

sebelum Anda memotret bangunan bersejarah, cobalah untuk mencari tahu latar belakang sejarah dari bangunan tersebut. Dengan mengetahui sejarah dan informasi tentang bangunan tersebut, akan ada rasa ingin tahu dan mengeksplor sudut yang unik dari bangunan itu.

Nah, dengan smart tips tadi, B’timers akan mendapatkan hasil foto arsitektur yang sempurna. Have a try. (BK)

Share This Article