Tips Sementara Atasi Ban Bocor Saat Traveling | Breaktime
Tips Sementara Atasi Ban Bocor Saat Traveling
28.09.2016

Kebocoran ban adalah hal yang biasa terjadi untuk para pengendara mobil dan motor. Khususnya pada saat melakukan perjalanan jauh. Meskipun Anda telah menyiapkan dan memeriksa kendaraan sebelum berangkat, biasanya tidak sengaja ban bocor terkena paku selama dalam perjalanan. Dan hal yang pasti dilakukan adalah pergi ke tukan tambal ban. Namun, Anda tidak selalu dekat dengan tukang tambal ban ketika ban kendaraan Anda mengalai kebocoran, kan? Lalu, apa yang harus dilakukan ketika dalam situasi tersebut?

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa ban yang bocor dan ketahui apa penyebabnya.

2. Gunakan tang untuk mencabut benda yang menancap yang menyebabkan ban bocor, misalnya paku. Anda harus mencabutnya dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kebocoran yang lebih besar.

3. Anda membutuhkan penghalus ban. Masukkan penghalus ban ke dalam lubang yang bocor. Tarik keluar di lubang tersebut selama berkali-kali supaya lubang semakin halus dan bisa disisipi karet tambal. Jika sudah, biarkan penghalus melekat di ban.

Tips Sementara Atasi Ban Bocor Saat Traveling | Breaktime
Cara mudah mengatasi ban bocor saat traveling

4. Setelah itu, lepaskan penghalus ban secara perlahan-lahan. Lalu, oleskan cairan panas untuk merekatkan sisi yang bocor. Berikan sebanyak tiga kali hingga rata.

5. Selanjutnya masukkan karet peambal yang juga diolesi cairan perekat. Tekan kuat-kuat hingga muncul sisi yang menonjol.

6. Diamkan beberapa saat sampai karet yang sudah disisipkan tersebut merekat dengan sempurna.

7. Terakhir, Anda harus memompa ban dan memotong sisipan karet tambal yang menonjol.

Tetap saja Anda harus menyiapkan bahan-bahan tersebut sebelum berangkat untuk berjaga-jaga jika terjadi kebocoran. Anda juga harus tetap memeriksakan ban kendaraan yang bocor ketika sudah menemukan tambal ban, karena cara ini sistemnya hanya sementara, B’timers. (vpd)

Share This Article