Tips Sebelum Menjelajahi Candi Majapahit | Breaktime
Tips Sebelum Menjelajahi Candi Majapahit
17.11.2017

Jika menelisik lebih jauh wisata di Indonesia, mungkin kita akan bangga, karena Indonesia punya semua destinasi. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah. Salah satu wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan adalah museum dan candi. Museum hanyalah sebuah wadah dimana peninggalan-peninggalan di masa lalu disimpan. Berbeda dengan candi yang bisa dinikmati lebih dekat oleh wisatawan. Bisa disentuh, bisa menjelajah setiap sudutnya, dan mempelajari ukiran-ukiran dindingnya. Karena candi adalah sebuah bangunan utuh peninggalan kerajaan-kerajaan besar di Indonesia yang sempat berjaya.

Siapa yang tak takjub dengan bangunan candi? Bayangkan saja, sekitar ratusan atau ribuan lalu manusia hidup, bagaimana bisa mereka membangun bangunan besar dan bisa bertahan hingga masa sekarang ini. Apa yang mereka gunakan untuk membuat setiap sudut bangunannya tak terkikis masa? Sampai saat ini hal tersebut masih menjadi rahasia, namun yang jelas setiap tahunnya, candi-candi di Indonesia telah mengalami berkali-kali pemugaran untuk mempertahankan keaslian mereka. Termasuk peran wisatawan yang harus tahu tips sebelum menjelajahi Candi Majapahit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Berburu Aurora saat Berlibur ke Finlandia

Candi peninggalan masa kejayaan kerajaan Majapahit memang yang paling banyak tersebar di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Sebagai wisatawan B’timers jangan hanya menikmati budaya dan sejarahnya saja, tetapi kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan candi. Mungkin masih banyak orang awam yang mengira bahwa candi hanyalah sebuah destinasi, namun bagi umat Hindu atau Buddha, candi juga sebagai tempat suci untuk beribadah. Jadi sudah tugas kita bersama untuk saling menghargai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jika Anda memutuskan untuk mengajak buah hati mengenal sejarah dan budaya Indonesia dengan berkunjung ke candi, maka ajarkan mereka untuk tidak merusak apapun yang ada di kawasan destinasi tersebut. Kita sebagai manusia modern jangan pernah tutup mata dan telinga tentang anak-anak muda yang kini banyak merusak kekayaan negara mereka sendiri. Beberapa kasus telah terjadi, banyak anak muda yang mencoret-coret situs bersejarah atau merusak struktur bangunannya dengan cara yang dianggap ‘tidak sengaja’. 

Tips Sebelum Menjelajahi Candi Majapahit | Breaktime
Menjaga kebersihan tempat wisata candi (cakrawalatour.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Ibu Modern Liburan Tenang Di Musim Hujan

Lagipula, kita juga tak bisa menyalahkan sepenuhnya pada mereka. Kita juga harus berkaca, apakah kita sudah menjaga situs sejarah Indonesia dan mendidik anak-anak dengan baik untuk menjaga lingkungan mereka? Jadi tips sebelum menjelajah candi Majapahit yang benar adalah menjaganya dengan dimulai dari diri sendiri.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kebanyakan candi juga sebagai tempat beribadah. Jadi, apapun candi yang Anda kunjungi, sebaiknya berpakaianlah yang sopan. Lagipula nggak mungkin juga kan Anda berkeliling candi dengan mengenakan bikini? Sama saja ‘bunuh diri’ dong.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Mewah tapi Ekonomis, Mungkinkah?

Satu lagi, jangan hanya menggunakan candi sebagai spot foto yang Instagramable, tetapi juga pelajari sejarahnya dengan bertanya pada pemandu wisata atau mungkin sambil baca-baca Google. Ini akan membuat perjalanan wisata Anda lebih bermakna dan tak hanya sekedar bersenang-senang.

Yap, itulah tips sebelum menjelajah candi Majapahit. Sebenarnya tak hanya candi peninggalan Majapahit saja. Kemanapun Anda berlibur, lakukan juga hal-hal yang baik dan jadikan liburan B’timers jadi lebih positif. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE