Tips Pintar untuk yang Hobi Berkemah dan Mendaki | Breaktime
Tips Pintar untuk yang Hobi Berkemah dan Mendaki
04.04.2016

Ada jadwal hiking atau berkemah di agenda Anda dalam waktu dekat, B’timers? Membawa bahan makanan saat akan bermalam di alam terbuka terkadang tidak semudah yang kita bayangkan, lho. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, selain hanya mengunyah energy bar atau membawa botol air saja. Dan dengan tips untuk berkemah dan mendaki berikut, Anda dapat memastikan petualangan aman dengan perbekalan yang cukup, B’timers.

Rencanakan perjalanan Anda sebelum berangkat

Kebutuhan Anda akan makanan dan air umumnya lebih tinggi daripada hari-hari biasanya, B’timers. Terlebih jika berencana untuk berpetualang saat cuaca panas, harus ada persediaan air yang dibawa. Selain itu, pertimbangkan juga berapa lama perjalanan yang dibutuhkan, makanan dan minuman apa yang akan Anda bawa, bagaimana Anda akan makan dan minum.

Tips Pintar untuk yang Hobi Berkemah dan Mendaki | Breaktime
Setidaknya bawa peralatan untuk memasak saat berkemah

Perbekalan untuk hiking atau one-day trip

Hindari membawa bekal yang mudah basi, ya, B’timers. Seperti sandwich misalnya, pastikan Anda memiliki kotak dengan kompres es untuk menjaga kesegaran makanan. Daripada membawa bekal yang memberatkan Anda mendaki, ada baiknya ganti makanan olahan dengan makanan ringan yang padat gizi, misalnya kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran kering, energy bar, dendeng daging. Dan jangan lupa bawa persediaan air yang cukup, ya?

Bekal untuk camping atau multi-day trip

Akan sedikit menantang untuk mengemasi perbekalan yang dibutuhkan selama camping. Jika ada pendingin, Anda bisa sedikit lebih lega, karena bisa bebas membawa varian makanan. Namun, tanpa itupun acara camping Anda tidak akan kacau, kok, B’timers. Bawa makanan siap saji, seperti sereal, buah atau sayuran yang dihaluskan, unggas atau ikan dalam kemasan, pasta gandum atau beras, serta makanan kering lain. Ini adalah salah satu tips untuk berkemah dan mendaki yang jitu.

Tips Pintar untuk yang Hobi Berkemah dan Mendaki | Breaktime
Panaskan makan malam dengan api unggun

Cara menyimpan, menghidangkan atau membuang makanan

Ini merupakan hal yang sangat penting. Jangan pernah meninggalkan sampah yang tidak bisa hancur di hutan, B’timers. Karena itu jangan lupa membawa serta kantong sampah! Selain itu juga bawa tissue, handuk lembab atau sabun ramah lingkungan. Tak ketinggalan perlengkapan lainnya seperti piring atau mangkuk, gelas, serta panci masak. Jika Anda membawa makanan kalengan, pembuka kaleng atau botol pun perlu. Untuk berjaga-jaga, filter air portable atau tablet pemurnian air bisa Anda bawa juga.

Perhatikan setiap kemasan makanan dan kebersihan

Perlu diingat, bahwa makanan yang mudah rusak tidak dapat disimpan dalam cuaca panas (90 derajat atau lebih), B’timers. Dan jangan sepelekan kebersihan, usahakan sering cuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan. Untuk menyimpan makanan yang mudah rusak, selain dengan kotak pendingin, Anda bisa membungkusnya dengan kain lalu menguburnya di tanah. Namun jangan lakukan pada semua bahan makanan, ya?

Tips Pintar untuk yang Hobi Berkemah dan Mendaki | Breaktime
Jangan buang sampah sembarangan, ya?

Dengan mengikuti tips untuk berkemah dan mendaki dari Breaktime, semoga petualangan Anda di alam bebas menyenangkan, B’timers! (NO)

Share This Article