Tips Mudik Menggunakan Kereta Tanpa Ribet | Breaktime
Tips Mudik Menggunakan Kereta Tanpa Ribet
16.06.2017

Tidak terasa musim mudik sudah didepan mata. Saat lebaran tiba, rasanya tidak lengkap jika tanpa melakukan mudik, apalagi jika orang tua ada di kampung halaman. Momen lebaran harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyambung tali silaturahmi dan saling memaafkan. Ketika mendengar kata mudik, pastilah yang mucul di pikiran adalah “macet” dan “ribet”. Tapi jangan salah, tips kali ini akan menjauhkan Anda dari 2 kata itu. Pada musim mudik, ada banyak pilihan transportasi. Kereta menjadi salah satu pilihan utama para pemudik karena selain murah, kereta juga tidak terkena macet. Hal ini menjadikan alasan kenapa kereta masih banyak peminatnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Situs Travel Hotel dan Penerbangan Untuk Mudik

Untuk menghindari ribet ketika mudik, Anda harus punya persiapan yang oke banget mulai dari cari-cari tahu harga dan tanggal tiket, pemesanan lebih awal, hingga menyiapkan anggaran. Selain itu, mudik menggunakan kereta bisa memberikan Anda pengalaman yang menarik. Hal ini karena rute kereta biasanya melewati persawahan yang hijau asri serta sedap dipandang mata. Selain bisa untuk cuci mata dari hiruk pikuk perkotaan, pemandangan indah juga bisa me-refresh otak agar segar kembali. Tips mudik menggunakan kereta berikut akan membantu Anda menikmati mudik jadi lebih asyik.

Tips Mudik Menggunakan Kereta Tanpa Ribet | Breaktime
Anda tak perlu takut akan macet

Pertama, rencanakan jauh-jauh hari. Memesan tiket kereta api secara online mempermudah pemesanan lebih cepat dan praktis. Jika memesan tiket kereta api di loket stasiun besar, akan memakan waktu beberapa menit untuk menunggu dan memperoleh nomor antrian sampai akhirnya memperoleh tiket di tangan. Selain tiket online lebih cepat dan lebih praktis, harga tiket online pun lebih murah. Anda juga bisa mempunyai banyak pilihan untuk memilih kelas dan tempat duduk. Ketika memesan tiket online, akan diberikan kode booking, yang selanjutnya kode booking ini harus dicetak untuk menjadi tiket di stasiun. Lebih simple daripada harus mengantri di antrian yang panjang, bukan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Bersama Buah Hati? Bawa Barang-barang ini!

Kedua, jika Anda membawa anak kecil atau balita, booking lah kursi lebih banyak. Saat memesan tiket, sebaiknya Anda mem-booking kursi lebih. Contohnya, Anda mudik dengan satu atau dua balita dan memilih kereta ekonomi, maka pesanlah minimal 4 kursi berhadapan. Tujuannya untuk memberikan ruang ekstra pada balita. Ini adalah salah satu trik untuk membuat si kecil lebih nyaman dan senang di perjalanan. Sebaliknya, ruang sempit dan perjalanan panjang berpotensi membuat si kecil mudah bosan, rewel, dan menangis.

Ketiga, jangan bawa barang bawaan terlalu banyak. Cobalah untuk menyortir dan meminimalisir barang-barang yang memang perlu dibawa. Pastikan barang bawaan atau bagasi tidak melebihi ukuran dan berat maksimal yang ditentukan. Taatilah syarat dan ketentuan bagasi kereta api. Ukuran maksimal adalah 100 dm dengan dimensi 70 cm, 48 cm, dan 30 cm. Kemudian berat maksimal adalah 20 kg. Lebih dari 20 kg sampai dengan maksimal 40 kg akan dikenakan biaya tambahan sesuai kelas kereta api. Barang yang beratnya melebihi 40 kg, tidak diperbolehkan dinaikkan kedalam kereta api. Jika Anda 

Tips Mudik Menggunakan Kereta Tanpa Ribet | Breaktime
pilih stasiun tempat tujuan mudik Anda

memiliki banyak oleh-oleh, alangkah baiknya memanfaatkan jasa pos untuk mengirimnya ke kampung halaman. Anda bisa mengirimnya di H-4 tanggal keberangkatan, agar barang datang bersamaan dengan kedatangan Anda, atau tiba lebih dulu. Dengan ini, Anda hanya perlu membawa keperluan perjalanan Anda dan anggota keluarga lain yang ikut mudik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hindari Copet Saat Mudik Lebaran dengan Tips Berikut

Ketiga tips itu akan membantu Anda untuk menikmati mudik menggunakan kereta tanpa ribet. Jangan lupa untuk memastikan keadaan rumah aman, pintu terkunci dengan benar, kompor dan segala alat masak, listrik, pompa air sudah mati atau dalam keadaan off. Ada baiknya meminta bantuan orang lain, tetangga, atau satpam untuk mengawasi rumah ketika ditinggal mudik. Jika Anda khawatir dengan mobil/kendaraan Anda tidak aman dirumah, sebaiknya dibawa ke stasiun. Semua tips itu bisa menyelamatkan B’timers dari hati yang gundah gulana selama mudik. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE