Tips Menulis Buat yang Ingin Jadi Travel Blogger | Breaktime
Tips Menulis Buat yang Ingin Jadi Travel Blogger
30.05.2016

Setiap orang pasti menyukai kegiatan traveling, jalan-jalan terutama berkunjung ke tempat-tempat baru, bisa membuat hati senang dan pikiran jadi lebih segar. Karena teknologi sudah menjamah hobi traveling, kini semakin banyak yang berbagi cerita perjalanannya lewat blog atau situs web pribadi, atau di media sosial seperti Instagram. B’timers juga tengah menggarap blog pribadi bertema traveling? Untuk membuat tulisan artikel yang bagus dan menarik pembaca, ini tipsnya.

Beri tugas pada diri Anda

Kalau sekedar traveling, mungkin sudah biasa. Namun jika Anda ingin jadi penulis, beri diri Anda tugas dan tantangan. Buat misi yang mengharuskan Anda menceritakan detail perjalanan Anda, ke mana Anda pergi, apa dan siapa yang dijumpai, tips-tips apa yang bisa Anda bagi.

Ajukan beribu pertanyaan

Ini bisa Anda pikirkan sambil membuat daftar. Tentang tempat yang dituju, biarkan pikiran Anda berkelana dan bertanya-tanya, di mana kedai kopi terbaik di sana, museum bersejarah yang seru, tradisi lokal yang terus dilestarikan, apa saja secara detail. Catat baik-baik setelah Anda ke sana nanti.

Mengembara ke mana saja

Anda bisa tidak terpaku pada kegiatan atau destinasi yang mainstream, lakukan apa saja yang ada di imajinasi Anda. Anda bisa berjalan kaki, naik bis atau menyewa sepeda untuk berkeliling,  melakukan olahraga ekstrem seperti bungee jumping atau menghadiri upacara adat setempat, semuanya ada untuk dieksplor!

Tips Menulis Buat yang Ingin Jadi Travel Blogger | Breaktime
Menikmati pemandangan di Wadi Rum, Jordania – via NatGeo

Minum kopi

Ya, pergilah ke kafe atau warung untuk minum kopi atau menikmati minuman lokal yang tersaji. Di sana Anda juga bisa bertemu dengan warga lokal, sebab orang-orang paling suka nongkrong di kafe atau warung untuk sekedar minum dan mengobrol. Berkomunikasi dan jalinlah hubungan dengan penduduk lokal agar lebih akrab sekaligus mempelajari budaya mereka.

Membuat catatan

Kadang foto dan caption saja tidak cukup. Bila perlu, buat catatan tentang perjalanan Anda dengan detail, mulai dari persiapan, transportasi, pengalaman di sana, hingga Anda pulang kembali. Anda juga bisa membuat update status di setiap momen yang berkesan saat traveling.

Beristirahatlah

Traveling itu tentang bepergian ke suatu tujuan yang seharusnya dapat memberikan energi dan pikiran positif, bahkan bisa melegakan dahaga spiritual Anda. Karenanya, meski Anda punya mindset bepergian dengan misi menjadikannya artikel di blog, luangkan juga waktu bagi Anda sendiri untuk benar-benar berlibur, tanpa kegiatan catat-mencatat untuk blog Anda.

Let it go

Semua sudah direncanakan dan dijadwalkan, namun pasti ada saja hal-hal tak terduga yang terjadi saat Anda traveling. Biarkan itu jadi warna liburan Anda, justru, berpikirlah positif dan jadikan hal tersebut pengalaman unik yang bisa Anda bagi dengan pembaca blog Anda.

Nah, dengan tips-tips traveling tadi, B’timers bisa menulis artikel traveling berdasarkan pengalaman pribadi, dan membuat tulisan-tulisan Anda unik, bermakna serta bermanfaat bagi banyak orang. Tulisan plus foto dengan kualitas baik juga akan mengundang semakin banyak orang mengunjungi blog Anda, bukan? (md)

Share This Article