Tips Menikmati Liburan di Jepang di Musim Dingin | Breaktime
Tips Menikmati Liburan di Jepang di Musim Dingin
01.10.2017

Tak hanya menjadi adidaya perekonomian dan industri, Jepang saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Benua Asia. Sebagai negara empat musim, Jepang dapat Anda kunjungi setiap waktu sepanjang tahun dengan berbagai daya tarik wisata tersendiri setiap musimnya. Menjelang penghujung tahun kali ini, Breaktime akan mengajak Anda merencanakan liburan akhir tahun di Jepang. Dilansir dari matcha-jp.com, berikut ini beberapa tips menikmati liburan di Jepang, khususnya selama musim dingin.

Musim dingin di Jepang mulai terasa saat memasuki bulan Desember. Saat itu, suhu udara mulai menurun dan udara dingin mulai terasa di berbagai kawasan di Jepang. Suhu menjadi teramat dingin menjelang akhir Desember, bahkan tak jarang mencapai di bawah titik beku sekitar bulan Januari hingga awal Maret. Salju biasanya menumpuk di kawasan Hokuriku, Tohoku dan Hokkaido, sedangkan salju cukup jarang turun di kawasan kota besar seperti Tokyo, Osaka, dan Fukuoka. Nikmati salju pertama di Jepang dari Hokkaido sekitar akhir Oktober atau awal November. Berangsur mulai awal hingga pertengahan November, salju akan turun di kawasan Aomori, Akita, dan Iwate. Salju paling akhir menyapa Jepang di kawasan Yamagata, Miyagi, dan Fukushima pada pertengahan hingga akhir November, sama halnya dengan Niigata, Toyama, Ishikawa, Fukui, dan Nagano yang baru mulai turun salju menjelang awal Desember.

Tak hanya menikmati liburan akhir tahun sambil merayakan Natal dan tahun baru, Jepang di musim dingin juga kaya akan berbagai aktivitas budaya khas Negeri Sakura. Di Jepang, tanggal 31 Dessember disebut juga sebagai omisoka, yakni ketika masyarakat melakukan kebiasaan memakan mi soba menjelang pergantian tahun. Tahun baru hingga 3 hari sesudahnya dalam tradisi Jepang disebut juga dengan shobatsu, yakni ketika orang Jepang menikmati sajian khusus tahun baru berupa osechi ryori dan minum sake.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Yang Perlu Dibawa saat Wisata Diving ke Bali

Makanan lainnya yang cukup populer di Jepang pada saat musim dingin ialah aneka jenis ikan seperti amberjack, codfish, tuna, sarden, dan mackerel. Musim dingin di Jepang merupakan musim yang ideal untuk menikmati kerang-kerangan, rumput laut, lobster, king crabs, dan aneka seafood lainnya. Selain itu, musim dingin di Jepang akan memanjakan Anda dengan aneka buah dan sayuran seperti kubis CIna, lobak Jepang, bayam, akar lotus, apel, dan jeruk mandarin.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Wajib Backpacker bagi Pemula

Banyaknya aktivitas tradisional yang dilakukan penduduk Jepang pada waktu pergantian tahun tersebut menyebabkan padatnya transportasi dari area perkotaan ke pedesaan Jepang. Artinya, B’timers sebaiknya menghindari travelling dari dan menuju Jepang mulai dari akhir Desember hingga pekan pertama di bulan Januari. Tak hanya padatnya jalur transportasi, Anda juga akan kesulitan mendapatkan hotel dan aneka fasilitas liburan lainnya pada waktu-waktu tersebut, kecuali Anda telah melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari. Tips menikmati liburan di Jepang ialah dengan memanfaatkan jalur transportasi kereta jarak jauh yang memerlukan reservasi jauh sebelum tanggal keberangkatan, terutama pada saat peak travel season. 

Tips Menikmati Liburan di Jepang di Musim Dingin | Breaktime
Suasana kuil di Kyoto, Jepang pada saat musim dingin

Setibanya di Jepang, kini saatnya Anda menikmati rangkaian liburan musim dingin. Meski Natal bukanlah hari libur nasional di Jepang yang secara resmi menganut agama Buddha dan Shinto, Jepang tetap turut serta menikmati kemeriahan hari Natal, terutama di kota-kota besar dan pusat industri. Sekolah dan perkantoran tetap beraktivitas seperti biasa pada hari Natal, kecuali jatuh pada akhir pekan, sehingga berwisata pada hari Natal di Jepang tidak akan seramai di negara-negara Barat yang mayoritas merayakan Natal dengan libur panjang hingga tahun baru. Meski demikian, kebanyakan anak muda di Jepang menjadikan Christmas Eve sebagai agenda wajib untuk menghabiskan momen romantis bersama pasangan dan orang terkasih. Artinya, reservasi hotel dan restoran pada tanggal ini juga cenderung membeludak. 

Tips Menikmati Liburan di Jepang di Musim Dingin | Breaktime
Suasana hujan salju di jalanan Shibuya

Usai Natal, kini tiba saatnya tahun baru yang terbilang penting bagi sebagian besar penduduk Jepang. Tahun baru biasanya dihabiskan bersama anggota keluarga di rumah. Penduduk kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo biasanya pulang ke kampong halaman dan meninggalkan kota dalam keadaan yang relatif sepi. Tentu saja, kebanyakan kuil akan ramai pengunjung pada saat tahun baru karena mayoritas warga Jepang yang beragama Buddha dan Shinto akan berduyun-duyun melakukan sembahyang dan memohon berkah dari para dewa untuk setahun yang akan datang. B’timers sebaiknya tak melewatkan momen ini untuk menyaksikan keragaman budaya Jepang, terutama dari aspek spiritualnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hasilkan Uang Sambil Traveling, Ini Tipsnya!

Semoka aneka tips liburan di Jepang tersebut akan menginspirasi Anda dalam perjalanan liburan ke Jepang pada akhir tahun 2017 ya, B’timers! Jangan lupa juga untuk mengenakan aneka pakaian hangat untuk melindungi Anda dari cuaca dingin, seperti jaket atau coat, topi rajut, sarung tangan, scarf, hingga ear muffs. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE