Tips Memberi Tip Tour Guide Di Beberapa Negara | Breaktime
Tips Memberi Tip Tour Guide Di Beberapa Negara
25.01.2017

Saat berwisata, apa sih yang selalu dilakukan oleh para pelancong? Tentu mereka akan mencari tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi, mencicip makanan khas daerah yang dikunjungi, dan budaya yang menarik di daerah tersebut. Pada dasarnya banyak hal yang ingin diketahui saat melakukan sebuah perjalanan.

Ketika B’timers berkunjung ke suatu tempat yang baru, kebanyakan pasti akan sangat membutuhkan pemandu perjalanan atau tour guide. Fungsi tour guide memang sangat penting untuk membantu Anda memahami dan mengenal tempat yang sedang dikunjungi.

Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda merasa puas dengan kinerja tour guide adalah dengan memberikan tip. Yup, tip tidak hanya diberikan untuk waitress di restoran-restoran atau petugas hotel saja. 

Tips Memberi Tip Tour Guide Di Beberapa Negara | Breaktime
Siapkan uang kecil juga untuk memberi tip

Pada awalnya, tipping adalah budaya masyarakat Amerika yang akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sampai-sampai etika tipping setiap negara berbeda-beda lho, B’timers. Nah, ini jadi ilmu baru untuk Anda yang suka berwisata ke luar negeri agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Kali ini Breaktime akan memperkenalkan pada Anda cara memberikan tip untuk tour guide di beberapa negara di dunia.

Pada umumnya, para wisatawan akan memberikan tip pada tour guide sebesar Rp 130 ribu untuk setengah hari. Sedangkan Rp 260 ribu untuk guiding satu hari penuh. Nah, bagaimana dengan negara-negara di belahan dunia lain?

Mari kita awali dengan Brazil. Negara yang berada di selatan Amerika ini memiliki aturan dalam memberikan tip pada tour guide, yaitu minimal dengan memberi $20 atau sekitar Rp 260 ribu untuk guiding selama satu hari penuh dan berlaku untuk kelipatannya.

Sedangkan Columbia, Anda para backpacker akan diringankan dengan biaya memberi tip pada tour guide sebesar $5 - $10 atau sekitar Rp 130 ribu per harinya. Pemberian tip di Columbia ini sama halnya dengan di Costa Rica dengan rentang harga yang relative murah.

Selain ketiga negara tersebut, masih ada negara di Amerika yang juga jadi tujuan favorit wisatawan, yaitu Mexico. Untuk biaya tip tour guide di Mexico ini cukup mahal, Anda bisa memberikan tip mulai dari $10 sampai $50 atau sekitar Rp 650 ribu.

Beda lagi di Karibia, Anda yang menyewa tour guide harus memberikan tip sebesar $25 atau sekitar Rp 325 ribu. Harga tip itu khusus untuk tour guide yang bekerja full day pada Anda.

Tips Memberi Tip Tour Guide Di Beberapa Negara | Breaktime
Tip adalah cara untuk menghargai pekerjaan tour guide

Beda di barat, beda pula di timur. Negara-negara di timur, misalnya seperti Thailand tidak akan menguras budget Anda dalam memberikan tip pada tour guide. Karena B’timers hanya akan mengeluarkan uang sebesar $2 atau sekitar Rp 26 ribu saja. Murah banget, kan B’timers!

Bahkan jika dibandingkan dengan Indonesia, Thailand punya harga tip yang sangat murah untuk para tour guide. Di Indonesia, untuk tour guide yang bekerja full day minimal Anda beri $10 atau sekitar Rp 130 ribu. Namun, untuk short tours tip sebesar $2 -$3 sudah cukup menghargai.

Kalau di China, jangan harap Anda bisa memberi tip pada tour guide. Pemerintah China membuat larangan untuk setiap wisatawan memberikan tip pada siapapun. Hal ini dianggap sebagai penghinaan. Jadi, tour guide atau siapapun yang tidak diberi tip tidak akan marah, B’timers.

Beberapa pengetahuan tentang tips memberi tip pada tour guide di atas semoga bermanfaat, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE