Tips Liburan Seru ke Tempat Wisata di Medan | Breaktime
Tips Liburan Seru ke Tempat Wisata di Medan
10.09.2017

Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara sebenarnya merupakan kota terbsar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sayangnya, popularitas Medan sebagai salah satu destinasi wisata mengasyikkan masih kalah jauh daripada Yogyakarta dan Bali. Padahal jika B’timers cari tahu lebih jauh lagi, ada banyak hal menarik yang bisa dieksplorasi dari Kota Medan. Tak hanya terkenal dengan surganya makanan enak, Medan juga tersohor dengan banyaknya lokasi wisata yang tak kalah seru untuk dikunjungi dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Letaknya yang berada hampir di ujung Pulau Sumatera terkadang membuat para wisatawan ragu untuk berkunjung ke Medan karena khawatir akan biaya liburan yang menguras kantong. Nyatanya, aneka jenis wisata khas Medan seperti wisata religi, wisata kuliner, wisata adrenalin hingga wisata alam akan mewarnai itinerary liburan Anda selama menjelajahi tempat wisata di Medan.

Pertama, cari tahu terlebih dahulu mengenai lokasi berbagai destinasi wisata di Medan serta sarana transportasi yang akan B’timers gunakan. Setibanya di Bandara Innternasional Kualanamu, Anda bisa menuju ke pusat kota Medan dengan menggunakan aneka angkutan angkutan umum seperti bus, kereta api, maupun taksi. Terdapat angkot yang rutenya tersebar luas ke seluruh penjuru Kota Medan untuk mempermudah Anda menjelajah seluk-beluk Tanah Deli ini. Selain angkot, terdapat sarana jelajah Kota Medan lainnya seperti becak motor, taksi, hingga ojek online. Meski telah menjadi kota metropolitan, Medan masih kental dengan tradisi lokalnya yang perlu B’timers ketahui sebelum tiba agar tak tersentak kaget nantinya. Bahasa yang sedikit berbeda serta nada bicara penduduk setempat yang keras mungkin akan sedikit mengejutkan bagi B’timers, namun bukan berarti mereka pemarah dan tidak ramah kepada para wisatawan. Beberapa istilah lokal yang sebaiknya Anda ketahui misalnya sudaco untuk angkot, kereta yang berarti sepeda motor, maupun pajak untuk menyebut pasar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Umroh Backpacker, Solusi Murah ke Tanah Suci
Tips Liburan Seru ke Tempat Wisata di Medan | Breaktime
Kemegahan arsitektur multikultural Masjid Raya Medan

Keanekaragaman latar belakang religi di Medan menuntut travelers Muslim untuk rajin mencari tahu tempat makan yang menyediakan masakan halal. Masyarakat Medan terdiri dari beragam ras dan agama, mulai dari Muslim, Cina, Arab, India, hingga Nasrani. Menariknya, hal tersebut bukan menjadikan Medan rawan terjadi konflik agama namun malah menawarkan Medan memiliki aneka tempat wisata di Medan yang bertema religi. B’timers bisa mencoba berkunjung ke Masjid Raya Al-Mashun yang merupakan perpaduan sempurna dari arsitektur Timur Tengah, India, dan Spanyol. Destinasi wisata religi lainnya di Medan yang tak kalah menarik ialah Maha Vihara Maitreya milik umat Buddha, Graha Maria Annai Velangkanni milik umat Katolik, maupun Pagoda Taman Alam Lumbini.

Tips Liburan Seru ke Tempat Wisata di Medan | Breaktime
Danau Toba & Pulau Samosir yang merupakan ikon wisata utama Kota Medan

Berlibur ke Medan tak akan lengkap tanpa menjelajahi aneka destinasi wisata alamnya, termasuk yang paling tersohor Danau Toba dan Pulau Samosir di tengah danau yang menjadi hunian masyarakat Batak Toba. Danau vulkanik terbesar se-Asia Tenggara yang membentang sepanjang 100 kilometer ini merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata Kota Medan yang tak lekang oleh zaman. Tak lupa kunjungi juga Air Terjun Sipiso-Piso di tepi utara Danau Toba yang juga merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. B’timers pecinta festival budaya sebaiknya datang ke Medan pada saat pelaksanaan Festival Danau Toba yang diadakan setiap tahun pada bulan September tepat di tepi Danau Toba. Tak hanya kawasan danau Toba, B’tiemrs juga bisa melakukan jelajah alam ke Bukit Lawang di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan area konservasi orang utan. Jangan ketinggalan untuk menimati panorama Air Terjun Dua Warna setelah melakukan trekking sejauh 3 jam menembus hutan dari Bumi Perkemahan Sibolangit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Ini Rahasia Murah Wisata Lombok!

Sempurnakan liburan Anda di Medan dengan menjelajahi kuliner lokal. Mulailah eksplorasi Anda dari Mansion Tjong A Fie, bekas rumah saudagar ternama di Medan yang kini dijadikan cagar budaya. Tak hanya mengintip kehidupan orang kaya Medan tempo doeloe, B’timers juga akan terpuaskan mengunjungi butik serta museum café yang menyimpak koleksi resep kuliner Cina peranakan. Ikon wisata kuliner yang terkenal di Medan terletak di Lapangan Merdeka, yang disebut juga dengan Merdeka Walk. Dihiasi dengan lampu hias semarak dan nuansa khas Melayu di bawah pepohonan rindang di kawasan bangunan bersejarah, Anda akan dimanjakan dengan aneka masakan khas Karo seperti arsik dan cimpa, maupun kuliner Medan lainnya seperti Soto Medan, Mie Aceh, dan aneka olahan Durian Medan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Makan Ini Sebelum Naik Pesawat!

Tunggu apa lagi, B’timers? Segera kemasi travel bag Anda dan pesan tiket perjalanan untuk menikmati aneka tempat wisata di Medan. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE