Tips Jitu Hindari Dehidrasi Saat Travelling di Bulan Puasa | Breaktime
Tips Jitu Hindari Dehidrasi Saat Travelling di Bulan Puasa
18.06.2015

Tak terasa, bulan Ramadan sudah kembali menyapa. Di bulan ini, kaum muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Nah, puasa tentu tidak menjadi penghalang untuk beraktivitas, bukan? Terutama kalau B’timers sudah punya agenda untuk pergi berlibur atau travelling di bulan ini. Namun, salah satu tantangan terbesar di bulan puasa adalah dehidrasi yang menanti. Tetapi jangan khawatir! Agenda travelling Anda bisa tetap berjalan lancar tanpa takut dehidrasi, kok. Ini tipsnya:

Melindungi diri agar tidak terlalu terpapar sinar matahari

Saat bepergian di siang hari, usahakan agar Anda tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Hindari tempat-tempat yang terlalu panas. Pilih tempat yang sejuk dan pakai topi jika harus keluar ruangan. Lakukan aktivitas yang lebih ringan dan santai.

Minum air yang cukup setelah berbuka puasa

Dehidrasi saat puasa paling mudah diatasi dengan banyak minum air putih saat berbuka. Bila perlu, langsung minum delapan gelas atau lebih, sebab tubuh kehilangan cairan seharian. Hindari minum kopi, teh dan soda karena tinggi kandungan kafein dan gula, yang justru kembali memicu dehidrasi.

Minum minuman tradisional Ramadan

Salah satu minuman tradisional Ramadan adalah minuman sari buah apricot. Minuman ini dapat secara langsung membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat asam perut yang naik, di mana biasanya terjadi karena kurangnya cairan setelah berpuasa seharian.

Buah-buahan juga sangat baik untuk bantu kembalikan mineral yang hilang
Buah-buahan juga sangat baik untuk bantu kembalikan mineral yang hilang

Menggantikan nutrisi dan mineral yang hilang

Sebaiknya Anda juga meminum minuman lain selain air putih, seperti jus buah misalnya. Ini berfungsi untuk mengganti nutrisi dan mineral yang hilang. Anda juga bisa mengonsumsi banyak buah dan sayur, akan lebih baik memilih buah yang banyak mengandung air seperti jeruk dan stroberi.

Menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya

Untuk menghindari serangan penyakit akibat dehidrasi selama puasa, apalagi saat travelling, ingatlah bahwa Anda sedang berpuasa. Tak hanya air, tubuh juga kekurangan mineral dan nutrisi saat puasa, jadi kelola kegiatan Anda dengan baik dan jangan terlalu memaksakan diri untuk terus aktif bergerak.

Jangan lupa selalu jaga kesehatan agar puasa lancar ya, B’timers! Happy fasting and travelling.

Share This Article