Tips Jadi Tour Guide Dadakan Saat Ketemu Bule | Breaktime
Tips Jadi Tour Guide Dadakan Saat Ketemu Bule
31.01.2017

Menjadi seorang pemandu wisata atau tour guide memang terlihat gampang, padahal sebenarnya ini adalah pekerjaan yang sangat menantang, B’timers. Jangan pernah menganggap remeh suatu pekerjaan, karena semua pekerjaan tentu memiliki tugas dan resikonya masing-masing. Kebanyakan orang tahu kalau menjadi seorang tour guide harus mengetahui berbagai arah, tempat wisata, sejarah tempat tersebut, dan harus menguasai berbagai macam bahasa, khususnya bahasa Inggris.

Melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Kita harus banyak-banyak membaca dan mencari tempat wisata dan sejarahnya. Dan untuk mempelajari bahasa asing juga membutuhkan proses. Selain hal-hal tersebut, banyak hal lain yang juga diperlukan untuk menjadi seorang tour guide.

Anda pasti harus memiliki ilmu untuk menjadi seorang survivor. Karena tour guide tidak hanya akan pergi ke tempat-tempat wisata umum, tetapi juga wisata alam atau bahkan gunung. Semua itu tergantung dari diri Anda sendiri, memilih untuk menjadi tour guide yang bagaimana, tetapi akan lebih aman sebaiknya tetap mengerti bagaimana cara-cara menjadi seorang survivor.

Tips Jadi Tour Guide Dadakan Saat Ketemu Bule | Breaktime
Menjadi tour guide bukanlah pekerjaan yang mudah

Menjadi seorang tour guide juga harus memiliki fisik yang kuat. Baik itu jasmani maupun rohani. Hal ini dikarenakan, pekerjaan seorang tour guide harus selalu berada di samping turis dan memastikan semua bagian perjalanan turis Anda aman, nyaman, dan selalu menyenangkan. Bisa dibilang Anda hanya akan sedikit beristirahat selama turis yang Anda pandu belum istirahat.

Turis yang menyewa seorang tour guide juga bukan tanpa alasan sih, B’timers. Ini karena mereka ingin perjalanan wisata mereka lebih mudah, lebih memahami tempat-tempat yang mereka kunjungi, dan membuat perjalanan mereka memorable. Ini juga menjadi tugas seorang tour guide. Tidak mungkin, kan Anda hanya akan diam dan menjelaskan hal-hal yang mereka butuhkan. It’s so boring! Be a personal! Anda harus punya cara-cara membuat turis merasa senang dan tidak bosan dengan perjalanannya. Ngobrol santai, beri anekdot-anekdot ringan, dan buat hubungan personal dengan grup atau turis yang Anda bawa.

Yang terpenting adalah Anda bisa menghadapi berbagai hal yang diluar ekspektasi. Ini akan selalu terjadi dalam perjalanan Anda membawa tamu. Menjadi seorang tour guide secara tidak langsung memang harus memiliki pengetahuan yang luas tentang apapun.

Hal-hal tersebut mungkin memang dibutuhkan untuk menjadi tour guide yang sebenarnya. Tetapi, bagaimana kalau Anda tidak sengaja bertemu dengan turis di jalan dan mereka menanyakan hal-hal yang mereka tidak tahu. Yup, sebut saja B’timers jadi tour guide dadakan. Jangan khawatir, Breaktime adalah solusi dari berbagai hal yang Anda tidak ketahui. Kali ini, Anda akan diberitahu tentang apa yang harus dilakukan ketika menjadi tour guide dadakan.

Tips Jadi Tour Guide Dadakan Saat Ketemu Bule | Breaktime
Percaya diri adalah kunci utama saat bertemu dengan turis

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang tour guide dadakan, ketika bertemu dengan bule yang menanyakan arah, Anda hanya tinggal menjawabnya saja. Eits, menjawabnya pakai bahasa Inggris tentunya. Nah, kalau Anda tidak bisa sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris, sebelumnya katakan pada turis tersebut kalau Anda tidak terlalu bagus untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Kunci dalam memberikan jawaban untuk turis asing adalah percaya diri. Kalau Anda mengalami masalah soal lokasi tempat yang ditanyakan oleh turis, Anda bisa membawa turis tersebut kepada seseorang yang lebih paham dengan lokasinya. Biasanya, orang-orang yang Anda tanyakan ada yang bisa menjawab dengan bahasa Inggris ada yang tidak. Solusinya jika bertemu dengan seorang yang tidak bisa berbahasa Inggris, Anda bisa menerjemahkannya dengan perlahan dan menggunakan bahasa tubuh.

Ya, kalau mentok nggak bisa bahasa Inggris, pinjam saja kertas dan bolpoin dan Anda buat peta menuju ke tempat yang ditanyakan oleh si bule. Simple as that. Yang terpenting adalah tetap beri bantuan pada turis yang menanyakan arah atau tempat wisata meskipun  Anda nggak jago-jago banget berbahasa Inggris. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE