Tips Istirahat yang Benar Saat Mengemudi | Breaktime
Tips Istirahat yang Benar Saat Mengemudi
21.10.2016

Saat liburan mungkin kebanyakan dari Anda akan memilih untuk mengemudi kendaraan pribadi dengan alasan lebih menghemat biaya dan lebih santai. Namun, Anda tidak bisa sembarangan mengemudikan kendaraan saat liburan, khususnya saat perjalanan jauh. Banyak hal yang harus Anda perhatikan, salah satunya jika Anda mengantuk di tengah sedang mengemudi. Jika Anda mengantuk, sebaiknya langsunglah untuk mencari tempat istirahat atau Anda juga bisa mencegah rasa kantuk dengan hal-hal berikut ini.

Jangan mengemudi lebih dari tiga jam

Mengemudi lebih dari tiga jam akan sangat berpengaruh pada saraf sensorik dan motorik seseorang. Hal itu bisa menyebabkan ketegangan pada dua saraf tersebut karena dipaksa untuk terus berkonsentrasi pada jalanan. Oleh karena itu, ajak teman yang bisa menyetir agar bisa bergantian untuk mengemudi.

Istirahat sejenak dan olahraga ringan

Cara ampuh selanjutnya adalah dengan beristirahat sejenak. Anda bisa berhenti di rest area atau jika tidak ada berhentilah di pinggir jalan. Setelah itu, lakukan olahraga kecil-kecilan untuk meregangkan tubuh Anda. Bisa juga dengan berbaring selama minimal 20 – 30 menit.

Tips Istirahat yang Benar Saat Mengemudi | Breaktime
Menepilah dan beristirahat sejenak jika mengantuk

Jangan banyak mengonsumsi karbohidrat

Hindari mengonsumsi karbohidrat saat sedang beristirahat, seperti nasi atau roti gandum. Kandungan yang terdapat pada makanan karbohidrat akan menyebabkan rasa kantuk yang luar biasa. Sebagai gantinya Anda bisa makan buah atau coklat.

Nah, B’timers dengan cara-cara tersebut Anda bisa beristirahat dengan baik di tengah mengemudi dan juga bisa mencegah rasa kantuk selama perjalanan. Tetap berhati-hati, ya saat liburan dengan mengemudikan kendaraan pribadi Anda. (vpd)

Share This Article