Tips Berkereta di Jepang yang Wajib Anda Ketahui | Breaktime
Tips Berkereta di Jepang yang Wajib Anda Ketahui
22.04.2016

Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Jepang dan hanya menikmati perjalanan Anda hanya dengan naik bus ataupun berjalan kaki. Jepang memiliki sistem transportasi yang baik dan teratur, terutama transportasi keretanya. Tentu B’timers tidak ingin melewatkan kesempatan mencoba pengalaman naik Japan Railway kan? Sebelum Anda melangkah lebih jauh, pelajari dulu tips berkereta di Jepang, yuk!

Kenali kategori kereta

Kereta di Jepang membagi jenis kereta menjadi lima kategori, yaitu kereta lokal (kakueki-teisha atau futsu-densha), kereta cepat (kaisoku), kereta ekspres (kyuko), kereta ekspres terbatas (tokkyu), dan super ekspres (shinkansen). Sesuai dengan namanya, kecepatan masing-masing kereta berbeda satu dengan lainnya. 

Tips Berkereta di Jepang yang Wajib Anda Ketahui | Breaktime
Kereta api lokal yang setia menghampiri setiap stasiun

Selain berbeda pada kecepatan, stasiun yang dituju pun berbeda. Jika kereta lokal mampir ke semua stasiun, berbeda dengan kereta cepat dan ekspres yang hanya beberapa stasiun saja yang dihampiri. Sedangkan untuk kereta ekspres terbatas hanya berhenti pada stasiun pusat. Nah, untuk kereta super ekspres hanya untuk menghubungkan antarkota dengan kecepatan tinggi.

Pahami kategori kursi duduk

Layaknya di Indonesia yang dibedakan kelas ekonomi dan eksekutif, Jepang pun memberlakukan hal yang sama. B’timers akan menemui dua kelas di shinkansen yaitu kelas biasa dan kelas hijau (eksekutif). Sedangkan di kereta lokal, Anda hanya akan menemui kursi duduk kelas biasa dan biasanya terdapat ruangan merokok yang tidak bisa Anda temui di shinkansen.

Tips Berkereta di Jepang yang Wajib Anda Ketahui | Breaktime
Kursi eksekutif yang tidak bisa Anda temui di kereta api lokal Jepang

Untuk masalah harga, kelas hijau lebih mahal 30% hingga 50% dari harga kelas biasa, namun memiliki kursi yang lebih lebar dan tidak padat penumpang. Anda bisa memesan lebih dahulu dengan tambahan biaya 300-700 yen. Asyiknya, Anda dapat bebas biaya tersebut jika menggunakan Japan Rail Pass.

Membeli tiket kereta

B’timers dapat membeli tiket kereta lokal di mesin penjual tiket. Anda cukup mencari stasiun tujuan Anda di mesin yang menunjukkan peta sekaligus harga setiap stasiun. Masukkan uang dan pilih jumlah tiket yang akan Anda beli. B’timers tinggal menunggu tiket dan kembalian Anda keluar dari mesin untuk diambil.

Tips Berkereta di Jepang yang Wajib Anda Ketahui | Breaktime
Pastikan tiket yang Anda beli tepat sesuai stasiun tujuan Anda

Untuk kereta ekspres dan pemesanan kursi, Anda hanya bisa membeli melalui konter. Siapkan data berupa jumlah penumpang, tanggal dan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, pilihan kelas dan pemesanan. Bila Anda tidak terlalu lancar berbahasa Jepang, B’timers bisa menuliskan data tersebut dalam formulir atau kertas dan berikan kepada petugas untuk diproses lebih lanjut.

Memasuki zona kereta

Stasiun Jepang menyediakan gerbang otomatis sehingga B’timers cukup memasukkan tiket ke dalam mesin tersebut dan gerbang akan terbuka. Jangan lupa untuk mengambil tiket Anda setelah berhasil melewati gerbang. Bila Anda menggunakan Japan Rail Pass, B’timers harus menunjukkan pada petugas stasiun agar dapat naik ke kereta.

Tips Berkereta di Jepang yang Wajib Anda Ketahui | Breaktime
Budayakan mengantre sebelum memasuki kereta, ya!

Temukan platform kereta Anda dengan membaca papan petunjuk yang biasanya tertulis dalam bahasa Jepang dan Inggris. Lihat nomor gerbong dengan membaca tanda yang tertulis di lantai. Pastikan Anda mengantre dalam satu garis lurus untuk masuk ke kereta karena petugas akan menegur Anda bila B’timers tampak keluar dari antrean tersebut.

Pastikan menunggu penumpang keluar dahulu sebelum masuk dan duduklah di kursi yang telah tersedia. Perhatikan stasiun tujuan Anda agar tidak terlewat atau salah turun stasiun. Dengan memperhatikan setiap detail tersebut, B’timers akan lebih dapat menikmati perjalanan Anda dengan kereta. Enjoy! (ft)

Share This Article