Tips Berburu Aurora saat Berlibur ke Finlandia | Breaktime
Tips Berburu Aurora saat Berlibur ke Finlandia
14.11.2017

Finlandia merupakan salah satu negara di kawasan Skandinavia yang layak dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman unik menyaksikan aurora borealis. Di ujung utara negara tersebut, cahaya aurora aneka warna akan memeriahkan langit di malam hari. Hutan salju bertajuk Finnish Lapland merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan northern light sambil melakukan berbagai aktivitas alam menyenangkan seperti dog-sledding, reindeer-herding, fellwalking, snowshoeing, snowmobiling, dan cross-country skiing. Finlandia sendiri merupakan salah satu negara di Eropa Utara yang berbatasan langsung dengan negara Swedia, Norwegia, dan Rusia.

Berburu pesona aurora di Finlandia tak mungkin dilakukan tanpa menjelajahi kehidupan alam liar. Tak lupa, Anda dapat dengan mudah menjumpai serangkaian kota yakni pondok kayu ala Lappish yang dilengkapi dengan perapian tradisional yang menggunakan kayu bakar. Kota menjadi tempat rehat ideal sambil menghangatkan diri di tengah perjalanan berburu aurora di tengah alam liar bersalju di tanah Lapland nan beku. Namun tahukah B’timers kapan waktu terbaik untuk menikmati pesona aurora aneka warna?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Ibu Modern Liburan Tenang Di Musim Hujan

Tentu saja Anda tak perlu menanti tahun 2024 saat terjadinya fenomena gerhana matahari dan solar maximum untuk mendapatkan momen sempurna penampakan aurora. Setiap tahunnya, northern light terbaik dapat dinikmati di kawasan utara FInlandia sekitar bulan September hingga April. Pastikan langit sedang dalam kondisi cerah. Jangan ragu untuk melakukan perjalanan jauh di malam-malam panjang musim dingin lalu nantikan hingga aurora menyapa Anda. Jadi bisakah B’timers memprediksi waktu terbaik untuk menyaksikan aurora setiap tahunnya?

Meramalkan hadirnya aurora sama halnya dengan  memprediksi aktivitas matahari, yang bisa dikatakan mustahil untuk perkembangan teknologi saat ini. Secara geografis, aurora terbaik muncul di antara 65° hingga 75° garis lintang utara. Dengan demikian, hutan Finnish Lapland yang terletak di 68° garis lintang utara didapuk sebagai negara terbaik tempat Anda bisa menyaksikan aurora secara langsung. Bulan-bulan ekuinoks seperti September dan Maret disebut juga sebagai momen yang memiliki untuk menyaksikan aurora yang memiliki kekhasan tersendiri berkat kemiringan bumi terhadap matahari .

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Mewah tapi Ekonomis, Mungkinkah?

Saat terbaik dengan kondisi cuaca terekstrem untuk berburu aurora biasa ialah di malam-malam terpanjang musim dingin selama bulan Desember hingga Februari. Pastikan bahwa B’timers berada sejauh mungkin dari cahaya buatan sekaligus menghindari malam-malam bulan purnama ketika langit secara natural terlihat lebih cerah. Pastikan Anda telah berada di Finlandia sekitar 5 hari sebelum fase bulan baru agar lebih mudah memotret aurora ketika langit malam sedang terlihat sangat gelap. Salah satu hal yang paling menantang saat melakukan perburuan aurora ialah suhu udara di malam hari yang cukup ekstrem. Perburuan aurora normalnya dilakukan di atas jam 9 hingga jam 1 dini hari dalam temperatur Finlandia di malam hari yang bisa jatuh hingga -30° Celsius sehingga Anda perlu berbusana sehangat mungkin serta membekali diri sendiri dengan termos berisi coklat panas.

Tips Berburu Aurora saat Berlibur ke Finlandia | Breaktime
Menikmati aurora borealis di balik igloo hotel di Finlandia

Beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan kemegahan langit malam berhias aurora ialah di kawasan Kittilä, tak jauh dari salah satu resort ski terbaik di Finlandia, Levi. Destinasi wisata yang tersebar di sekitar Kittilä ialah Taman Nasional Pallas-Yllästunturi serta Hotel Jarvis dan Harriniva Holiday Centre. Selain itu, terdapat Saariselkä yang merupakan sebuah kawasan resort wisata khusus kegiatan musim dingin serta terletak cukup jauh dari terang-benderang kota. Lakukan perjalanan sedikit lebih jauh ke arah selatan ke kawasan Kakslauttanen yang terkenal dengan aneka kamar hotel unik di Kakslauttanen Arctic Resort berupa igloo beratap kaca untuk menyaksikan pesona northern light.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Aman Wisata Pantai agar Liburan Tetap Seru

Tunggu apa lagi, B’timers? Finlandia bisa menjadi destinasi wisata terbaik Anda menjelang pergantian tahun. Di mana lagi Anda bisa bergelung nyaman bersama orang terkasih sambil menyaksikan aurora aneka warna di pekatnya langit malam? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE