Tips Aman Wisata Pantai agar Liburan Tetap Seru | Breaktime
Tips Aman Wisata Pantai agar Liburan Tetap Seru
10.11.2017

Tidak ada yang jauh lebih mengasyikkan untuk menghabiskan liburan saat cuaca cerah selain berwisata pantai. Hangat cahaya matahari, angin pantai nan sejuk, serta buih air laut yang berdesir di kaki merupakan keseruan tersendiri yang selalu dirindukan dari wisata pantai. Indonesia sangatlah beruntung karena terletak di negara tropis dan dianugerahi aneka pantai cantik dari Sabang hingga Merauke. Tak hanya turis domestik, wisatawan mancanegara tiada henti berjejalan di sepanjang garis pantai di Indonesia.

Namun tahukah B’timers bahwa selain berbagai hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di pantai, terdapat banyak bahaya yang diam-diam mengintai para pelancong yang lengah? Penyelenggara setiap tempat wisata selalu berupaya mengikuti prosedur keamanan di pusat rekreasi, meski tips aman wisata pantai tak selamanya ditaati para pengunjung. Sebagian besar pantai saat ini telah dilengkapi dengan warning flags yang disertai dengan papan petunjuk keamanan. Beberapa pantai dengan kondisi ombak dan arus laut yang cenderung kuat dan relatif berbahaya akan dilabeli dengan bendera berwarna merah, sedangkan di beberapa wilayah bendera merah berarti bahwa pantai tersebut ditutup dan tidak boleh dikunjungi karena alasan tertentu.

Bendera kuning merupakan indikator bahwa pantai tersebut memilliki kondisi ombak dan arus laut sedang. Air laut cenderung berombak kuat tetapi masih belum memasuki status bahaya. Bendera hijau, sebaliknya, menandakan bahwa pantai tersebut cenderung aman dan berombak tenang. Tips aman wisata pantai untuk menghindari ancaman dari binatang laut berbahaya ialah dengan mewaspadai bendera biru atau ungu pada pantai yang Anda datangi. B’timers juga perlu mengetahui apakah pantai yang Anda datangi terhitung aman untuk berenang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jaminan Senang Liburan Ke Tokyo Di Musim Gugur
Tips Aman Wisata Pantai agar Liburan Tetap Seru  | Breaktime
Salah satu bendera peringatan keamanan di pantai

Berlibur ke pantai memang ada baiknya dilakukan saat cuaca cerah. Dengan demikian, Anda bebas berjemur di pantai maupun bermain di tepi laut sambil bermandikan cahaya matahari. Selain karena menimbulkan sensasi tak nyaman, tahukah Anda bahwa hujan yang turun di kawasan seringkali menimbulkan bahaya bagi para pengunjung? Tak hanya menghasilkan ombak dan arus laut yang lebih kencang, hujan yang disertai petir juga berisiko mengalirkan listrik dan menyetrum siapapun yang tengah berada di tepi laut. Ada baiknya Anda memastikan ramalan cuaca pada hari kunjungan Anda ke pantai, lalu segera menepi dan berteduh begitu hujan disertai petir turun di kawasan pantai. Tunggulah hingga 30 menit setelah hujan dan petir sebelum dapat kembali bermain air dengan aman.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menyiasati Kendala Bahasa Saat Liburan ke Jepang

Beberapa kawasan wisata pantai di Indonesia seperti di Bali menyediakan bar dan aneka sajian minuman keras di tepi pantai. Namun perlu diketahui bahwa berenang dalam keadaan mabuk merupakan salah satu pemicu risiko tenggelam? Meski Anda hanya berencana berjemur di pantai atau menikmati debur ombak di malam hari sambil menenggak minuman alkohol, sebaliknya Anda berada sejauh mungkin dari bibir pantai atau pastikan ada seseorang yang tetap sober dan mengawasi Anda agar tidak melakukan tindakan berbahaya seperti berenang dalam keadaan mabuk. Tak hanya menghilangkan kesadaran, mengkonsumsi minuman keras merupakan pelanggaran terhadap tips aman wisata pantai karena alkoho; dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa dehidrasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Menginap Murah Di Nusa Dua Ala Ransel
Tips Aman Wisata Pantai agar Liburan Tetap Seru  | Breaktime
Selalu kenakan kacamata hitam dan tabir surya sebelum bermain di pantai

Tak lupa, selalu gunakan tabir surya SPF 15 atau lebih sebelum berangkat ke pantai. Tabir surya memerlukan waktu beberapa saat untuk terserap sempurna ke dalam kulit sehingga dapat melindungi Anda dari risiko sunburn. Kenakan tabir surya yang anti air apabila Anda berencana bermain di dalam air. Meski bisa hilang dengan sendirinya, berulang kali mengalami sunburn bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit melanoma yang mematikan. Semoga liburan Anda ke pantai senantiasa aman dan menyenangkan ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE