Tips Aman Nikmati Kuliner Lokal saat Traveling | Breaktime
Tips Aman Nikmati Kuliner Lokal saat Traveling
05.03.2015

Traveling ke destinasi baru, belum lengkap tanpa mencoba kuliner khas daerah. Eat what locals eat, istilah yang kerap dipakai para wanderlust untuk menikmat cita rasa lokal layaknya penduduk asli daerah tersebut.
 
Indonesia punya beragam kuliner khas dari Aceh hingga Papua yang akan membuat lidah B’timers tak berhenti menikmati keragaman menu Nusantara. Selain Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara juga terkenal dengan kuliner khas hingga kuliner ekstrem.
 
Rasa local food di pasar tradisional kadang memang lebih menggoda. Bentuk dan rasanya bermacam-macam. Harga lebih murah daripada di hotel atau restoran, serta interaksi dengan orang lokal menambah nikmat suasana menyantapnya.
 
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hunting kuliner lokal di suatu destinasi. Berikut beberapa tips dari Breaktime:

Kebersihan

Anda tidak bisa benar-benar tepat menilai higienis atau tidaknya suatu makanan di suatu tempat. Tapi setidaknya Anda bisa melihat kebersihan di sekitar penjual makanan. Pastikan kebersihannya terjaga agar Anda tak terserang penyakit saat di perjalanan.

Scamming

Pilihlah warung atau penjual makanan yang menampilkan harga tiap menu dengan jelas. Pastikan pula menu yang Anda pesan sesuai dengan bill saat membayar. Tak ada salahnya bertanya lebih dulu kepada penjual harga tiap menu yang akan dipesan bila tak ada papan harga yang jelas terpampang.

Halal atau haram

Khusus bagi traveler Muslim, perlu memperhatikan apakah menu yang akan dipesan mengandung bahan yang diharamkan. Hal ini biasanya sering ditemui di lokasi yang penduduk mayoritasnya non Muslim. Beberapa lokasi wisata kini telah banyak cafe atau warung yang memasang logo "Halal" untuk menarik minat wisatawan Muslim.

Alergi

Beberapa orang alergi terhadap seafood, ada pula yang alergi dengan bahan makanan lainnya. Pastikan B’timers tak mengalami alergi usai menyantap makanan khas di suatu daerah, terutama kuliner ekstrem yang biasanya cukup menantang rasa penasaran untuk mencicipinya.

Alkohol

Selain makanan, sejumlah daerah juga memiliki minuman khas dan beberapa di antaranya ada yang mengandung alkohol. Hindari minuman jenis ini karena meskipun dalam kadar yang sedikit akan berakibat negatif bagi kondisi tubuh di perjalanan.

Efek Samping

Beberapa makanan atau minuman yang Anda konsumsi sebelum perjalanan bisa mengakibatkan efek samping tertentu, seperti mual, pusing, hingga insomnia. Hindari cafein berlebih sebelum naik pesawat dan hindari makan dalam porsi besar sebelum melakukan perjalanan darat yang jauh.
 
Nah dari sejumlah kiat tersebut, kini B'timers bisa mulai menikmati wisata kuliner tanpa harus khawatir selama di perjalanan. Selamat traveling sambil berwisata kuliner!

Share This Article