Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran | Breaktime
Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
13.07.2015

Mudik nanti Anda mau ke mana, B’timers? Kemanapun tujuan yang akan didatangi, satu hal yang harus diantisipasi yaitu keamanan rumah saat ditinggal mudik. Rumah kosong tanpa penghuni merupakan sasaran yang empuk bagi para pelaku kejahatan untuk menggasak barang-barang berharga di dalamnya. Nah, berikut trik-trik agar rumah aman saat ditinggal mudik.

Pastikan jendela dan pintu terkunci rapat

Untuk mengantisipasi adanya kemalingan saat rumah ditinggal mudik, pastikan untuk mengunci jendela dan pintu. Bawalah kunci saat mudik dengan menyimpannya ke dalam tas. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan perekat pada jendela dan pintu agar pencuri susah untuk membukanya.

Menghentikan pengirima surat dan koran

Beberapa hari sebelum mudik, lakukan pemberhentian pengiriman surat dan koran untuk sementara waktu. Hal tersebut untuk menghindarkan penumpukan surat dan koran di depan rumah yang menandakan rumah tak berpenghuni. Dengan begitu, potensi maling untuk beraksi di rumah Anda akan lebih sedikit.

Atur waktu lampu secara otomatis

Lampu menyala pada siang hari akan mengundang para pencuri
Lampu menyala pada siang hari akan mengundang para pencuri

Jika Anda meninggalkan rumah dalam keadaan lampu menyala atau mati secara terus menerus, para pelaku kejahatan akan memanfaatkan momen tersebut untuk menyantroni harta berharga di rumah. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki sistem lampu yang bisa diatur secara otomatis, maksimalkan penggunaanya.

Minta satpam untuk secara rutin melihat keadaan rumah

Yang terakhir adalah mintalah kepada pihak keamanan setempat untuk melihat keadaan rumah Anda secara rutin. Anda juga bisa meminta bantuan kepada tetangga terdekat dan terpecaya untuk memeriksa kondisi sekitar rumah. Hal ini diharapkan bisa mengurungkan niatan si pencuri untuk membobol rumah sewaktu ditinggal mudik.

Matikan barang-barang elektronik

Bukan hanya maling saja yang akan mengancam keamanan rumah Anda, musibah kebakaran yang diakibatkan oleh arus pendek juga bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Maka dari itu, sebelum berangkat pastikan untuk mencabut semua barang-barang elektronik dan gas LPG yang bisa menyebabkan kebakaran dalam rumah Anda.

Well B’timers, itulah trik-trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat rumah aman dari segala tindak kriminal dan mara bahaya. Selamat mudik dan hati-hati di perjalanan, B’timers!

Share This Article