Tips Aman Mendaki Gunung bagi Pemula | Breaktime
Tips Aman Mendaki Gunung bagi Pemula
24.11.2017

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan fisik yang dilakukan di alam. Bagi para pendaki, aktivitas fisik yang satu ini tak hanya menyenangkan, tapi juga menantang sekaligus memompa aliran adrenalin. Belakangan ini, mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang cukup digemari di kalangan anak muda. Mulai dari pelajar hingga mahasiswa, para pendaki tersebut rupanya tak semuanya telah berpengalaman, tapi cukup banyak juga yang masih pemula. Selain karena aktivitas mendaki gunung yang terlihat keren, para pendaki pemula tersebut biasanya tergoda oleh cerita-cerita seru sepanang pendakian hingga rangkaian foto bertema alam.

Sayangnya, sebagian besar pendaki pemula cenderung meremehkan aktivitas tersebut. Tips aman mendaki gunung sebaiknya diterapkan secara seksama agar mendaki tidak cenderung dianggap enteng. Seberapa besa keinginan Anda untuk mendaki, B’timers tak akan pernah bisa ke puncak tanpa adanya persiapan matang. Persiapan khusus mulai dari fisik hingga mental harus dilakukan agar kegiatan mendaki gunung tak berujung fatal. Tentu saja, sebelum tiba hari pendakian, ada baiknya Anda melakukan perencanaan pendakian terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow! Intip Kemudahan Akses ke Pink Beach Lombok!

Perencanaan pendakian secara umum meliputi lokasi gunung yang dituju, rute pendakian utama dan jalur alternatif, kondisi cuaca saat mendaki, hingga daftar perbekalan dan jangka waktu yang perlu ditempuh sepanjang ke puncak dan kembali turun. Sebelum tiba hari pendakian, pastikan bahwa rute pendakian yang biasa dilewati para pendaki masih aman dan bisa dilalui. Anda juga harus mengetahui berbagai rute alternatif apabila terjadi kondisi darurat seperti longsor atau tersesat, serta hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam situasi darurat. Kemudahan teknologi Internet saat ini memungkinkan Anda untuk mengecek jalur pendakian secara online untuk mengetahui kondisi terkini di medan pendakian. 

Tips Aman Mendaki Gunung bagi Pemula | Breaktime
Mendaki gunung bukan aktivitas sembarangan karena memerlukan perbekalan cukup

Bagi B’timers yang belum terbiasa atau baru pertama kali mendaki, lakukan persiapan secara fisik agar tubuh tidak kaget saat mendaki. Lakukan olahraga rutin minimal selama sebulan sebelum pendakian. Hal tersebut sangat diperlukan sebagai salah satu tips aman mendaki gunung untuk mendapatkan stamina yang kuat. Lakukan aktivitas olahraga yang bertujuan melatih otot kaki, misalnya dengan berlari di pagi atau sore hari. Dengan berlari dan melatih keseimbangan tubuh, Anda akan dengan mudah mengatasi trek sesulit apapun. Lakukan senam sederhana dan gerakan keseimbangan seperti berdiri dengan satu kaki sebagai persiapan fisik wajib bagi calon pendaki pemula.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Musim Panas Akhir Tahun Hanya Di Negara Ini

Perbekalan dan perlengkapan mendaki merupakan persiapan efektif yang tak kalah penting dari menyiapkan kondisi fisik dan mental. Sesuaikan perbekalan yang Anda bawa dengan jangka waktu pendakian yang harus ditempuh serta kondisi cuaca dan rute pendakian. Matras, jas hujan, hingga seatu trekking merupakan beberapa peralatan utama yang wajib Anda persiapkan. Manajemen logistik alias perbekalan juga harus diatur dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi selama mendaki.

Hindari membawa barang yang kurang bermanfaat bagi kebutuhan survival saat mendaki, misalnya bonek atau beberapa benda yang kurang penting lainnya. Sleeping bag merupakan fasilitas penting yang tak boleh ketinggalan karena bisa menutup seluruh tubuh dengan baik agar hangat sepanjang tidur, kecuali di bagian kepala atau muka. Gunakan alas dari plastik, dedaunan, hingga matras dari karet busa yang mampu menyerap dingin dari dalam tanah.  Jaket atau pakaian hangat berbahan wol merupakan pilihan baik untuk dikenakan selama mendaki. Hindari pakaian berbahan jeans yang meskipun kuat dan praktis tapi sulit kering ketika basah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Sebelum Menjelajahi Candi Majapahit

Gunakan ransel atau tas carrier untuk membawa aneka perlengkapan dan perbekalan mendaki gunung. Bawalah alat memasak yang cukup praktis seperti kompor gas portable beserta cadangan bahan bakar dan panci kecil praktis. Bawalah konsumsi secukupnya untuk ke puncak dan kembali turun, meliputi air mineral 2 botol 1,5 liter, roti, nasi dan lauk seadanya, mi instan, kopi atau sejenisnya, air cadangan, hingga coklat untuk menambah tenaga. Tak lupa, siapkan juga obat-obatan dan peralatan medis untuk keadaan darurat.

Berbagai tips aman mendaki gunung di atas dapat membantu dan mempermudah kegiatan pendakian bagi pemula. Kini Anda dapat melakukan aktivitas pendakian yang menyenangkan tanpa khawatir kurang persiapan. Tak lupa, mintalah izin resmi dari petugas keamanan setempat sebelum melakukan pendakian. Proses pendaftaran yang telah Anda lakukan tersebut sebaiknya juga diikuti dengan mematuhi instruksi dan menaati larangan yang berlaku di kawasan gunung tersebut. Selamat mendaki, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE