Tips Aman Dan Nyaman Mudik Menggunakan Bis | Breaktime
Tips Aman Dan Nyaman Mudik Menggunakan Bis
16.06.2017

Musim mudik Lebaran sudah didepan mata. Salah satu sarana transportasi umum yang digunakan para pemudik untuk mencapai kampung halamannya adalah bis. Mudik dengan menggunakan angkutan bis umum banyak dilakukan oleh masyarakat karena selain fleksibel karena bisa berhenti di tempat-tempat tertentu, ongkosnya terbilang murah. Namun, jika tak aman dan nyaman justru bisa menjadi masalah. Maka dari itu, B’timer wajib tau tips – tips agar mudik menggunakan bis bisa jadi menyenangkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rentetan Tips dalam Memesan Paket Liburan Online

Lakukan pemesanan tiket PO Bis yang jelas dan memiliki kredibilitas bagus. Salah satu ukuran kredibiliats bis yang bagus itu adalah tiketnya bisa dipesan jauh-jauh hari dan rekam jejaknya tak ada catatan bermasalah dengan penumpang. Usahakan jangan membeli tiket pada saat akan pergi atau di hari H saat mudik. Selain bersifat spekulatif, cara seperti itu juga berisiko. Armada yang kemungkinan tidak ada – biasanya perusahaan atau agen berdalih apa saja jika ditanya keberadaan bis – juga jadwal keberangkatan yang tak pasti. Risiko kedua, Anda bisa terkena tarif yang tingginya selangit. Karena dinilai sangat membutuhkan dan terpaksa, oknum-oknum tertentu akan memanfaatkan kondisi Anda.

Tips Aman Dan Nyaman Mudik Menggunakan Bis | Breaktime
Berdesakan di bis memang sudah biasa ya!

Konfirmasi keberangkatan. Untuk menghindari adanya double seat, sangat disarankan agar pemudik menelepon agen bis yang akan ditumpangi untuk mengkonfirmasi bahwa Anda sudah masuk data calon penumpang saat hari keberangkatan. Double seat adalah ketika satu kursi penumpang di-booking oleh dua orang tanpa sepengetahuan masing – masing. Konfirmasi keberangkatan ini sangat penting karena jika terjadi double seat, besar kemungkinan salah satu dari Anda harus mengalah. Dan mencari bis lain pada hari H sangat tidak dianjurkan sesuai tips pertama.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Awas Kesetrum “Water Heater”Saat Stay di Hotel

Pisahkan barang berharga. Inventarisir barang bawaan sebelum berangkat merupakan hal yang wajib dilakukan pemudik. Pemudik harus memisahkan barang yang tidak dipakai saat perjalanan (seperti baju dan oleh-oleh) dengan barang yang diperlukan di perjalanan (seperti uang, kartu ATM, ponsel). Barang yang tidak dipakai saat perjalanan bisa dimasukan ke bagasi bis. Sedangkan untuk barang yang dipakai dibawa masuk ke dalam kabin. Namun jangan sekali-sekali menaruh tas berisi laptop atau barang berharga di bagasi atas. Karena sangat berisiko untuk jadi mangsa pencopet. Apalagi dengan suasana bis yang ramai, hal ini bisa memudahkan pencopet untuk melancarkan aksinya.

Siapkan uang receh dan makanan ringan. Waktu tempuh mudik dengan bis seringkali di luar perkiraan. Oleh karena itu, pemudik disarankan untuk memastikan ketersediaan makanan ringan penting untuk mengantisipasi bis terjebak kemacetan. Selain itu, siapkan pula uang receh bila di tengah perjalanan pemudik ingin membeli jajanan atau keperluan ringan lainnya. Hal ini untuk mencegah pemudik merogoh dompet di perjalanan. Karena membuka dompet atau tas di tempat umum sama saja 

Tips Aman Dan Nyaman Mudik Menggunakan Bis | Breaktime
Bertemu dengan orang baru dan berkenalan

memberi kesempatan copet memperhatikan isi dompet. Minimalisir membuka dompet atau tas di tempat umum adalah cara terbaik untuk mengamankan barang berharga Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Situs Travel Hotel dan Penerbangan Untuk Mudik

Bawa turun barang berharga saat istirahat. Untuk perjalanan jarak jauh, bis biasanya berhenti di rumah makan atau tempat peristirahatan lain. Saat situasi tersebut, pemudik dihimbau untuk membawa barang berharganya turun. Tidak ada yang bisa Anda salahkan jika barang Anda hilang. Karena barang Anda adalah tanggung jawab Anda pribadi. Ketika bis kosong adalah kesempatan bagi maling atau pencopet untuk leluasa meraup barang yang pemudik tinggalkan di bis. Segala macam kehilangan sama sekali bukan tanggungjawab pihak bis. Maka pemudik disarankan untuk sangat berhati-hati.

Mudik menggunakan bis bisa sangat menyenangkan jika Anda mengetahui tips untuk selalu aman. Tips – tips diatas sangat dianjurkan karena keselamatan dan keamanan bukan merupakan tanggungjawab siapapun melainkan diri kita sendiri. Agar bisa menikmati Lebaran dan berkumpul bersama keluarga dengan rasa lega dan bahagia, mudik aman dan nyaman adalah kunci awalnya. Selamat menikmati mudik Anda B’timers.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE