Tips Aman Berenang Bersama Pari Manta | Breaktime
Tips Aman Berenang Bersama Pari Manta
31.10.2017

Pari Manta adalah satwa laut unik yang menjadi daya tarik perairan Indonesia, terutama di kawasan timur seperti Taman Nasional Komodo dan Raja Ampat. Di Manta Point Taman Nasional Komodo, B'timers bisa berenang dan berinteraksi langsung dengan Manta di habitat alamnya. Tapi ingat, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang satwa yang lebarnya bisa mencapai empat meter ini.

Manta merupakan satwa langka dengan daya jelajah yang jauh. Hewan ini bisa hidup sampai usia 40 atau 50 tahun dan bisa mencakup seluruh perairan Indonesia. Meskipun tampak jinak dan tidak menyerang manusia, Manta memiliki "senjata" yang luar biasa. Ekornya beracun dan pada berbagai kasus yang fatal bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Tips Aman Berenang Bersama Pari Manta | Breaktime
Sekelompok Manta terlihat di permukaan laut di kawasan Manta Point Taman Nasional Komodo
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Tempat Menginap di Nusa Dua Terbaik

Apabila B'timers berenang di Manta Point, jarak aman dengan manta adalah tiga sampai empat meter. Jangan mengejarnya karena bisa jadi hewan ini merasa terganggu dan justru berenang menjauh.

Manta memiliki mata yang sensitif terhadap cahaya, karena itu jangan mengarahkan flash kamera atau sumber cahaya lain secara langsung kepada hewan ini. Apabila merasa terganggu dan stres, Manta bisa menjadi agresif.

Ikan ini memakan plankton dengan cara menyaring air laut melalui mulut dan insang. Cara makan dengan menyaring plankton di dasar laut dinamakan bottom feeding, sedangkan yang di permukaan disebut surface feeding. Manta menyaring plankton dengan membuka mulut sebesar-besarnya, kemudian berenang mengikuti arus plankton.

Tips Aman Berenang Bersama Pari Manta | Breaktime
Manta berenang mengikuti jalur plankton yang menjadi makanannya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Oleh-Oleh Surabaya Wakili Keunikan Kuliner Kota

Jangan berenang atau menyelam di depan hewan ini karena posisi tersebut mengganggu jalur plankton. Posisi terbaik adalah di samping kiri atau kanan manta, termasuk saat mengambil gambar. Ketika jumlah plankton di laut melimpah, kelompok manta sering membentuk formasi khusus yang menjadi pemandangan luar biasa.

Saat ada Manta mendekat, jangan panik dan tetaplah tenang. Jika manta tertarik pada suatu hal atau sadar akan keberadaan hal baru, ia akan coba memutarinya. Tapi bila kita panik, hal itu akan membuat manta kaget, merasa terganggu, dan justru kabur berenang menjauh.

Satu lagi yang wajib diperhatikan adalah jangan sekali-kali memegang atau menyentuh bagian apa pun dari manta. Apabila manta disentuh dan merasa terganggu, selain menjadi agresif, hewan ini akan menjauh dan meninggalkan lokasi yang awalnya banyak dikunjungi oleh sekelompok manta.

Tips Aman Berenang Bersama Pari Manta | Breaktime
Selama merasa tidak terganggu, Manta akan berenang dan beraksi di dekat kita
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Musim Hujan Tetap Aman, Begini Caranya!

Manta juga sering terlihat melompat keluar air laut, hal ini dilakukan untuk membersihkan parasit pada tubuh dan berkomunikasi dengan manta lain karena suara hentakan air yang terdengar dari jauh.

Periode terbaik untuk berinteraksi dengan manta adalah sekitar bulan Februari sampai April. Tapi B'timers masih bisa berinteraksi dengan manta pada waktu-waktu lainnya, meski jumlahnya tak sebanyak periode tersebut.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE