Tips Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat! | Breaktime
Tips Agar Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat!
26.08.2017

Masih banyak cerita tentang jamaah yang gagal umroh disebabkan ulah biro perjalanan, lho. jadi, jika tak hati-hati memilih biro perjalanan yang tepat bukan tidak mungkin Anda juga akan menjadi korban mereka. Waspadai biro perjalanan yang menjanjikan keberangkatan dengan harga yang murah atau bahkan sangat murah jika dibandingkan dengan biro yang lain disekitar Anda, karena bisa jadi dengan harga yang murah tersebut Anda menjadi korban mereka.

Berbagai kejadian gagal berangkat seperti terlantar dibandara baik itu bandara Indonesia maupun bandara tentangga, tertipu dengan fasilitas yang dijanjikan karena tidak sesuai, bahkan uang yang dibawa kabur biro perjalanan adalah hal yang seringterjadi di tanah air. Kebanyakan mereka tertipu karena tidak bisa membedakan mana biro perjalanan abal-abal dan mana yang memang benar-benar memberangkatkan jamaahnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hal-Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Pergi Umroh

Nah, berhubung saat ini musim haji, kali ini Breaktime akan berbagi tips bagaimana sih memilih biro perjalanan yang tepat dan dan terhindar dari yang namanya penipuan atau terlantar saat perjalanan ke tanah suci. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah legalitas biro perjalanan, jika Anda termasuk orang yang akan melakukan perjalanan ke tanah suci, Anda bisa mengecek di situs resmi milik kementrian agama, www.haji-kemenag.go.id, di situs tersebut Anda bisa mengecek legalitasnya, jika biro perjalanan yang menyediakan haji dan umroh tidak muncul, berarti mereka tidak memiliki ijin, mudah dan cukup membantu.

Tips Tak Tertipu Biro Perjalanan Umroh, Catat! | Breaktime
Pastikan Anda mendapatkan tiket PP (pergi pulang).

Pastikan juga penerbangan Anda itu PP (pergi pulang), penginapan, dan transportasi selama di tanah suci  ya, B’timers. Karena salah satu kasus penipuan calon jamaah umrah dan haji yang lumrah terjadi adalah tak disediakannya tiket pulang ke Tanah Air. Selain itu, ada pula penelantaran jamaah umrah dan haji di tanah suci. Paket yang wajib didapat jamaah itu konsumsi, transportasi, guide, asuransi, dan manasik.

Pihak pemerintah juga menyarankan untuk memastikan mengecek lokasi hotel, tempatnya tak boleh lebih dari satu kilometer dan minimal bintang tiga, itu sudah menjadi standard dari pemerintah. Biaya dan usia juga harus diperhatikan, jika memang sudah lanjut usia sebaiknya memilih penginapan yang lebih dekat walau mungkin sedikit lebih mahal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Safe Travelling Meski Tengah Berbadan Dua

B’timers, Anda juga harus lebih selektif lagi dalam menyaring iming-iiming iklan yang mengatasnamakan pemuka agama, lho. karena banyak sekali kejadian seperti ini, jika ada pemuka agama yang menawarkan paket perjalanan umroh murah, misal dengan harga Rp. 13 juta, maka Anda harus bisa menolak dan bahkan mengkritik tawaran tersebut, ya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seperti Ini Guide Paralayang dan Trik Selfie-nya

Sebenarnya cara termuda untuk mendapatkan rekomendasi biro perjalanan umroh dalah dari keluarga yang sudah pernah berangkat umroh atau haji, ini adalah cara paling mudah, B’timers. Namun tetap Anda juga harus menelusurinya terlebih dahulu reputasinya, pernah gagal belum dalam berangkatkan jamaah.

Visa juga menjadi poin yang harus Anda perhatikan, Visa hanya dikeluarkan perwakilan Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Calon jemaah harus memastikan telah mendapat visa resmi minimal tiga hari sebelum berangkat. Kalau visanya kadaluwarsa atau tak resmi, maka berpotensi ditangkap serta dipulangkan, lho.

Nah, sekian tips tepat memilih biro perjalanan umroh dan haji dari kami, semoga bermanfat dan perjalanan ibadah Anda nyaman ya, B’timers.(dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE