Tips Agar Tak Salah Saat Memilih Sepatu Gunung | Breaktime
Tips Agar Tak Salah Saat Memilih Sepatu Gunung
18.09.2016

Kini semakin banyak orang yang melakukan aktivitas mendaki gunung. Tak jarang itu dilakukan hanya untuk sekedar refreshing dari kegiatan sehari-hari yang membuat jenuh. Bahkan untuk orang-orang yang terbiasa mendaki gunung, hal tersebut menjadi sebuah hobi. Jika tidak mendaki gunung, badan akan terasa lelah atau jatuh sakit, benar atau tidak B’timers?

Lalu bagaimana dengan pendaki pemula? Untuk orang-orang yang baru pertama kali mendaki gunung sebaiknya harus memahami hal-hal yang diperlukan ketika berwisata ke gunung. Salah satu item yang sangat dibutuhkan ketika mendaki, yaitu sepatu. Pemilihan sepatu gunung perlu diperhatikan lho, B’timers. Ini nih, tips memilih sepatu gunung untuk pemula.

Ketahui jenis sepatu gunung

Sepatu gunung memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu sepatu dengan leher pendek dan leher panjang. B’timers hanya harus menyesuaikan dengan medan yang akan dilalui. Jika medan tidak terlalu berat, maka gunakan sepatu gunung berleher pendek, begitupun sebaliknya.

Kenyamanan dan kualitas juga harus diperhatikan, lho!

B’timers ingin merasa nyaman dalam mendaki? Pemilihan sepatu yang salah akan membuat kaki lecet atau terluka. Jadi sebaiknya ketika membeli atau menyewa sepatu gunung, B’timers harus memperhatikan kenyamanan sepatu ketika dipakai. Jangan lupa juga untuk memilih sepatu dengan bahan waterproof agar sepatu tidak basah ketika terkena air.

Tips Agar Tak Salah Saat Memilih Sepatu Gunung | Breaktime
Pilih sepatu yang nyaman dipakai

Pilih sepatu gunung dengan sirkulasi udara

Untuk mendapatkan rasa yang lebih nyaman dalam mendaki, pilihlah sepatu dengan sirkulasi udara yang baik. Uap keringat yang dihasilkan oleh kaki dapat keluar dengan mudah, sehingga dapat terhindar dari pertumbuhan jamur dan bakteri.

Gunakan kaos kaki dengan bahan Wool

Kaos kaki menjadi item penting untuk kaki Anda. Tidak hanya sebagai alat untuk memberikan rasa hangat, tetapi juga dapat menyerap keringat.

Pakai ukuran sepatu yang lebih besar

Ukuran sepatu yang lebih besar dari kaki Anda sangat disarankan. Mengapa? Karena hal ini dapat menghindarkan luka pada kaki akibat gesekan kulit dengan bahan sepatu, serta Anda dapat memakai kaos kaki yang lebih tebal untuk menjaga kaki tetap hangat.

Dengan begitu B’timers dapat dengan nyaman mendaki gunung bersama teman-teman. Selamat mendaki! (vpd)

Share This Article