Tetap Bisa Traveling Saat Puasa dengan Tips Ini | Breaktime
Tetap Bisa Traveling Saat Puasa dengan Tips Berikut
17.06.2016

Wah, dengan datangnya bulan puasa, berarti kita harus menunda jadwal untuk traveling, nih. Eits, siapa bilang demikian, B’timers? Memang berpuasa adalah satu kewajiban yang harus kita jalani sebagai umat muslim. Dan dengan tips ini, Anda bisa tetap traveling meski sedang menjalani ibadah puasa, lho.

Penuhi gizi lengkap saat sahur

Karena kondisi tubuh sangat penting jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata, maka usahakan jangan melewatkan makan sahur, ya? Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi sayuran dan buah yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, B’timers. Selain itu seimbangkan juga dengan minum air putih yang banyak. Ditambah dengan mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina.

Pilih waktu yang tepat untuk traveling

Sebaiknya Anda memilih waktu untuk perjalanan liburan dengan bijak. Bepergian ketika matahari tengah bersinar dengan terik adalah kesalahan terbesar, lho. Hal tersebut dapat menimbulkan tubuh mengalami dehidrasi berat, B’timers. Akan lebih baik jika Anda memilih pagi atau sore hari agar perjalanan lebih menyenangkan. Persiapkan juga bekal untuk berbuka di jalan.

Persiapkan segala kebutuhan pribadi

Dan jangan pernah melupakan untuk membawa perlengkapan pribadi Anda. Misalnya saja perlengkapan sholat. Jadi meskipun Anda sedang melakukan perjalanan liburan, ibadah pun tetap jalan dengan baik. Anda bisa memasukkan Al Quran saku untuk dibaca selama perjalanan jika menggunakan transportasi umum. Dan setidaknya bawa juga air mineral untuk persiapan ketika waktu berbuka tiba.

Tetap Bisa Traveling Saat Puasa dengan Tips Ini | Breaktime
Bawa barang bawaan yang dibutuhkan saja, ya, B’timers?

Pilihlah tujuan wisata yang tepat

Untuk menghindari energi yang terbuang terlalu banyak sehingga mendatangkan rasa lelah yang tak tertahankan, pilih saja destinasi yang tidak terlalu jauh untuk ditempuh, B’timers. Usahakan untuk meminimalkan penggunaan tenaga fisik dengan tidak melakukan kegiatan yang bisa mengeluarkan banyak keringat. Dengan begini Anda bisa tetap berpuasa sambil bersenang-senang.

Perbanyak aktivitas ibadah saat traveling

Liburan bukanlah alasan untuk meninggakan kegiatan ibadah, lho, B’timers. Jadi, jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata saat bulan puasa, selain mencari kegembiraan, lakukan juga ibadah lain yang akan menambah kebahagiaan batin. Misalnya saja bersedekah, membaca Al Quran di perjalanan hingga menahan amarah dan berbagai godaan serta pikiran negatif selama berpuasa.

Dan ternyata traveling saat berpuasa tetap bisa dilakukan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article