Ternyata Ini Cara Minum Yang Benar Saat Mendaki | Breaktime
Ternyata Ini Cara Minum Yang Benar Saat Mendaki
23.11.2016

Mendaki gunung adalah satu hal yang sangat melelahkan, khususnya untuk pemula. Saat lelah, mungkin akan muncul hasrat untuk terus minum karena merasa dehidrasi. Ketahuilah bahwa meskipun Anda lelah, tetap harus memperhatikan cara minum dan beristirahat. Hal ini dilakukan agar B’timers tidak mudah merasa lelah. Untuk itu ketahuilah tips minum dan beristirahat saat mendaki gunung berikut ini.

1. Istirahat sejenak

Saat Anda merasa lelah, istirahatlah dan jangan dipaksakan. Namun B’timers harus mencari permukaan yang datar, kemudian duduklah, selonjorkan kaki, dan rilekskan punggung.

2. Minum secukupnya

Minum air saat mendaki yang benar adalah 2-3 teguk, sekedar membasahi tenggorokan. Namun, lakukan hal ini secara teratur ketika Anda merasa benar-benar kehausan.

3. Pelajari medan dan letak mata air

Sebelum berangkat mendaki gunung, Anda harus dan wajib mempelajari medan pendakian dan letak mata air yang ada di sepanjang medan menuju puncak. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan jumlah air yang Anda bawa dan jarak tempuh menuju letak mata air.

Ternyata Ini Cara Minum Yang Benar Saat Mendaki | Breaktime
Ketahui cara minum dan istirahat yang benar

4. Bawa minuman selain air putih

Minum air saat mendaki gunung tak hanya dengan air putih. Sangat disarankan untuk membawa teh herbal atau susu coklat. Hindari untuk minum kopi selama pendakian, karena kafein dapat meningkatkan pembuangan urin dan tekanan darah.

5. Jaga ritme langkah

Jangan beristirahat terlalu lama, beristirahatlah hanya sampai nafas Anda kembali normal dan tidak ngos-ngosan. Saat kembali berjalan, B’timers harus menjaga ritme langkah dengan tidak terlalu lebar. Berjalanlah dengan santai dan tidak terburu-buru.

Jadi, saat Anda sedang mendaki gunung banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah cara minum dan beristirahat saat kelelahan. Keep it calm saat mendaki gunung sangat diperlukan agar B’timers tidak cepat lelah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE