Susah Menikmati Perjalanan Karena Sering Mabuk? Ini Tipsnya! | Breaktime
Susah Menikmati Perjalanan Karena Sering Mabuk? Ini Tipsnya!
05.06.2015

Pergi ke tempat baru dengan berbagai pengalaman seru pastinya akan sangat menyenangkan. Namun, lain halnya bila B’timers tak bisa terpisahkah dari kantong muntah selama perjalanan karena Anda rawan mabuk kendaraan. Suasana perjalanan yang harusnya fun mendadak berubah menjadi nightmare yang rasanya ingin segera diakhiri.

Pertanyaannya, tak adakah cara agar Anda terbebas dari mabuk kendaraan saat melakukan perjalanan? Nah, kali ini Breaktime secara spesial mengupas tips alami agar Anda bisa lebih menikmati perjalanan di dalam kendaraan tanpa perlu khawatir mabuk:
Sarapan sedikit

Agar Anda tak merasa pusing karena lemas yang bisa memicu mabuk kendaraan, ada baiknya Anda sedikit sarapan, paling tidak dua jam sebelum berangkat. Hindari makan terlalu banyak dan mengandung lemak ataupun asam tinggi.

Minum jahe

Secangkir jahe hangat bisa redakan mabuk kendaraan
Secangkir jahe hangat bisa redakan mabuk kendaraan

Setelah itu, hangatkan perut Anda dengan mengonsumsi minuman jahe hangat. Jahe merupakan ramuan herbal alami yang dapat mencegah mual. Anda pun juga bisa membawa permen jahe atau kue yang juga menggunakan bahan dasar jahe.

Minum teh peppermint

Bila tak suka minum jahe hangat, Anda bisa menggantinya dengan minum 2 sampai 4 cangkir teh peppermint saat sehari sebelum melakukan perjalanan. Aroma dan rasa segar dari peppermint yang bertahan di dalam tubuh ini akan bekerja untuk mengusir rasa mual.

Fokuskan pandangan ke depan

Bila Anda punya kebiasaan untuk melihat pemandangan ke samping kiri-kanan selama perjalanan, ubah kebiasaan yang memicu rasa pusing dan mual ini. Ganti fokus pandangan lurus ke depan agar B’timers merasa lebih nyaman.

Jauhkan diri dari gadget

Sementara waktu, alihkan dulu diri Anda dari mengakses berbagai informasi dari gadget. Posisi mata yang melihat ke bawah dan tubuh yang lebih membungkuk ini sangat rentan untuk membuat perut Anda mual, terlebih karena pikiran dan mata Anda dipaksa untuk berkonsentrasi menyerap informasi yang ada.

Cobalah untuk melakukan tips-tips tersebut bila Anda ingin suasana perjalanan kali ini berjalan lebih mulus tanpa harus menyediakan kantung plastik di samping tempat duduk. B’timers juga bisa sesekali mengajak teman untuk ngobrol santai guna mengalihkan perhatian ketika rasa mual dan pusing mulai melanda.

Share This Article