Simak 5 Tips Traveling Ke Laos Yang Benar! | Breaktime
Simak 5 Tips Traveling Ke Laos Yang Benar!
02.03.2017

Bagi B'timers yang gemar melakukan perjalanan, berkunjung ke negara-negara Indo-China selalu memiliki tantangan tersendiri. Salah satu negara yang bisa dikunjungi di kawasan ini adalah Laos.
 
Negara dengan ibukota Vientiane ini bisa menjadi destinasi pilihan untuk penggemar wisata anti-mainstream. Laos memang kurang populer dibandingkan negara tetangga mereka seperti Thailand atau Vietnam.
 
Tapi negara ini juga memiliki daya tarik wisata sejarah dan budaya yang layak dikunjungi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh B'timers saat pertama kali berkunjung ke Laos.

Simak 5 Tips Traveling Ke Laos Yang Benar! | Breaktime
Presidential Palace, tempat tinggal petinggi kerajaan sekaligus destinasi wisata di Vientiane

1. Hindari membeli souvenir patung Buddha

Patung dan jimat Buddha dijual bebas untuk cindera mata di Laos. Sebaiknya B'timers tidak membeli benda ini dengan alasan untuk menghormati agama Buddha dan benda-benda yang dijual kebanyakan berasal dari Thailand.

2. Masih sedikit makanan berlabel halal

Gerai makanan dengan label halal masih sedikit ditemui di Laos, namun bagi wisatawan Muslim masih bisa memilih makanan yang tidak mengandung daging babi. Gerai fast food merk terkenal dari Amerika juga masih jarang ditemui di Laos.

Simak 5 Tips Traveling Ke Laos Yang Benar! | Breaktime
Para Bhiksu kecil berjalan di pinggiran kota, pemandangan umum saat berada di Laos

3. Pilih kuliner tradisional

Hal ini sebenarnya juga berlaku di negara-negara lain, khususnya Asia Tenggara. Makan di tempat yang banyak dikunjungi turis asing membuat cita rasa khas Laos sedikit berkurang dan harganya juga relatif lebih tinggi. Carilah makanan di tempat yang banyak dikunjungi warga lokal, termasuk pasar tradisional.

Simak 5 Tips Traveling Ke Laos Yang Benar! | Breaktime
Haw Phra Kaew, salah satu destinasi kuil dan religi di ibukota Laos

4. Mata uang bisa pakai Bath dan Dollar

Apabila B'timers menuju Laos dari Thailand dan masih punya mata uang Bath, maka tak perlu menukarnya dengan mata uang Laos yaitu Kip. Hal ini dikarenakan Laos juga menerima pembayaran dalam Bath, termasuk untuk transaksi souvenir, toko oleh-oleh, dan sebagainya.

5. Belum ada hotel bintang lima 

Vientiane belum memiliki hotel bintang lima, tapi ada beberapa hotel kelas bintang empat di ibukota Laos ini. Bagi yang melakukan perjalanan ala backpacker, pilihan hotel bintang tiga sampai hostel atau dormitory juga banyak ditemui di Vientiane.

Ternyata liburan ke Laos nggak perlu biaya terlalu  mahal, ya B’timers. Anda bisa traveling seru dengan budget layaknya backpacker. Menikmati daya tarik Laos yang aduhai bareng teman-teman. So, tunggu apalagi, mungkin pantas kalau Laos bisa masuk dalam holiday list tahun ini. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE