Serunya Workcation Sambil tetap Produktif Kerja | Breaktime
Serunya Workcation Sambil tetap Produktif Kerja
18.09.2017

Siapa sih yang tak suka berlibur? Setelah setahun penuh membanting tulang dan disibukkan dengan jadwal ngantor dari pagi hingga petang, B’timers tentu bersemangat menjelajah tempat baru atau sekedar bersantai di destinasi wisata favorit bersama orang terkasih. Ketika liburan pada umumnya dilakukan pada pergantian tahun maupun libur panjang nasional atau keagamaan, beberapa pekerja kantoran beruntung mendapatkan jatah travelling di tengah waktu bekerja. Pernah terpikir harus tetap bekerja ketika liburan?

Perubahan pola bekerja pada era millennial ini telah memberikan banyak hal baru dalam hal membagi waktu bekerja dan bervakansi pada sebagian besar penduduk perkotaan. Zaman dahulu, membawa tumpukan pekerjaan pada saat liburan merupakan hal tabu yang dihindari sebagian besar pekerja. Saat ini, tak hanya freelancer saja yang nampak sibuk dengan laptop dan deadline sembari asyik menikmati cocktail di tepi pantai. Istilah workcation diciptakan khusus bagi Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis ke kota maupun negeri asing yang tak jarang sekaligus merupakan destinasi favorit para wisatawan. Tak ingin melewatkan kesempatan berlibur sekaligus bekerja? Berikut ini tips workcation asyik sambil tetap bekerja dengan produktif.

Karena biaya perjalanan ditanggung perusahaan tempat Anda bekerja, B’timers mungkin berpikir bahwa tak ada salahnya memanfaatkan waktu tugas kerja sekaligus untuk berlibur. Eits, jangan salah. Apabila Anda tudak memperhatikan tips-tips dalam melakukan workcation dengan bijak, Anda akan kehabisan waktu karena terlalu asyik berlibur dan kewalahan dalam memenuhi tenggat pekerjaan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan workcation ialah mengutamakan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Anggaplah liburan hanya sebagai bonus agar jangan sampai mengorbankan waktu bekerja Anda. Agar tetap dapat mencuri waktu untuk liburan, tentukan terlebih dahulu berapa lama Anda akan menetap di suatu kota atau negara dan berapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan. Meski nampak padat, jadwal tugas kerja dari perusahaan biasanya pasti menyisakan beberapa hari untuk Anda berkeliling tempat kunjungan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Hemat dengan Harga Hotel di Batu Malang

Apabila jadwal workcation Anda tidak terikat dengan agenda meeting dengan klien atau jam bekerja di kantor cabang di tempat tujuan, Anda bebas membagi waktu untuk bekerja dan berlibur secara fleksibel. Apabila Anda memiliki waktu selama sepekan penuh, misalnya, manfaatkan 2 hingga 3 hari awal untuk menjelajah kota. Selanjutnya, sisakan paruh kedua dalam minggu tersebut untuk fokus menyelesaikan pekerjaan agar tak sampai melampaui batas waktu sebelum Anda harus kembali ke kota asal. Anda bisa juga membagi jadwal kerja dan berwisata secara bergantian dalam 1 hari. Caranya? Bangunlah lebih awal lalu alokasikan pagi Anda untuk berjalan-jalan di sekitar tempat penginapan atau mengunjungi pasar setempat dan menikmati kuliner khas. B’tiemrs juga bisa mendatangi festival kebudayaan atau atraksi wisata di malam hari setelah bekerja seharian penuh. 

Serunya Workcation Sambil tetap Produktif Kerja | Breaktime
Penarasan rasanya bekerja sambil mencuri waktu untuk berlibur?

Selain mengatur jadwal workcation, Anda juga perlu mengemas barang bawaan dengan cermat. Peralatan bekerja seperti laptop, ponsel, charger, aneka dokumen dan berkas kantor, hingga modem portable untuk berjaga-jaga apabila tempat Anda menginap tidak menyediakan fasilitas wifi tentunya tak boleh ketinggalan. Tak lupa, B’timers juga perlu membawa aneka perlengkapan berlibur seperti pakaian kasual, swimsuit, hingga topi pantai dan sunglasses. B’timers tentu tak perlu bingung memikirkan biaya menginap karena pastinya sudah ditanggung oleh perusahaan, asalkan Anda bisa menamatkan pekerjaan secara tepat waktu dan menjaga profesionalitas meski diselingi dengan berlibur.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Wisata Terbaru di Medan Wajib Dikunjungi

Hal-hal yang tak kalah penting dalam melakukan perjalanan workcation ialah mengingat perbedaan zona waktu antara kota atau negara yang Anda kunjungi dengan tempat asal. Apabila terdapat perbedaan zona waktu yang mencolok, misalnya sekitar 12 jam seperti Indonesia dengan Amerika Serikat, B’timers harus lebih berhati-hati saat hendak melakukan panggilan telepon dengan rekan kerja di negara asal. Selain itu, sebelum berangkat, usahakan Anda memiliki nomor kontak yang dapat dihubungi dan diandalkan ketika terjadi suatu urusan mendadak di tempat asal Anda, misalnya rekan kerja atau anggota keluarga.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menguak Pantangan Obyek Wisata Yogyakarta

Agar tetap produktif dan dapat mencuri-curi waktu untuk liburan, prinsip utama dalam melakukan workcation yang tak boleh B’timers lupakan ialah work hard, play hard. Selamat melakukan workcation! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE